Press "Enter" to skip to content

Situs BKN Sulit Diakses, Sejumlah Formasi CPNS di DIY Masih Kosong

Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Hingga sepekan sejak dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Rabu (26/9), sejumlah pendaftar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sangat minim. Bahkan sejumlah formasi masih kosong.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY menyatakan masih ada sekitar 75% formasi yang belum ada pendaftar masuk. Penyebab minimnya pendaftar karena persoalan server internet yang sepenuhnya dikendalikan oleh pemerintah pusat.

Kepala BKD DIY Agus Supriyanto menjelaskan sejak pendaftaran CPNS dibuka sepekan terakhir, jumlah pendaftar di Pemda DIY terpantau baru 800 orang hingga Kamis (4/10) siang. Padahal jumlah formasi yang dibuka Pemda DIY sebanyak 766 CPNS.

“Pendaftarnya masih sedikit sekitar 25%, banyak yang kosong kalau dilihat persentasenya, formasi yang masih kosong itu sekitar 75%” terangnya di Kompleks Kepatihan, Kamis.

Agus menambahkan sejumlah formasi yang masih banyak kosong pendaftar adalah guru. Kebutuhan guru dalam formasi CPNS 2018 tercatat 500 orang, namun hingga Kamis siang pendaftarnya baru berkisar antara 100 hingga 200 orang.

“Arsitek pendaftarnya hanya satu atau dua, yang lainnya, dokter kosong blong [belum ada pendaftar], guru banyak yang kosong,” katanya, seperti dikutip dari Harian Jogja.

Baca juga: Sektor Pariwisata Dorong Bisnis Jasa Pengawal Pribadi di Jogja

Ia memperkirakan sepinya pendaftar yang masuk bukan karena minim peminat untuk bergabung di CPNS. Melainkan karena server bandwith yang disediakan oleh pemerintah pusat tidak sebanding dengan banyaknya calon pendaftar yang berusaha masuk. Sehingga akses terhadap website pendaftaran itu menjadi sangat lambat.

“Kalau soal persyaratan yang banyak saya kira tidak menjadi masalah, krodit di masalah jaringan itu masuknya masih susah,” ujarnya.

Jumlah formasi CPNS untuk Pemda, Kota, dan Kabupaten se-DIY total mendapatkan kuota sebanyak 3.132 formasi.

Sekda DIY, Gatot Saptadi mengatakan formasi CPNS untuk di Pemda DIY sebanyak 766 formasi, kota Yogyakarta sebanyak 356, kabupaten Sleman 628, Kabupaten Bantul 565, Kabupaten Kulon Progo 383, Kabupaten Gunung Kidul 434 formasi.

Sementara itu, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyatakan akan memperpanjang waktu pendaftaran hingga 15 Oktober mendatang. Pengumunan diundurnya pendaftaran CPNS disampaikan BKN melalui akun resmi Twitter BKN, @BKNgoid. #SobatBKN, Panitia Pelaksana Panselnas telah memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran penerimaan CPNS s.d. 15 Oktober 2018.#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri pic.twitter.com/7bmhQWtRIG — #ASNKiniBeda (@BKNgoid). (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id