Press "Enter" to skip to content

Pelamar CPNS Keluhkan Sulitnya Mengakses Situs SSCN BKN

Mari berbagi

JoSS, JAKARATA – Masyarakat mengeluhkan sulitnya akses dalam membuat akun dan mengunggah dokumen dalam situs pendaftaran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 melalui laman https://sscn.bkn.go.id.

Dikutip dari CNN, jumlah pendaftar hingga Kamis (27/9) pukul 04.00 mencapai 1.001.000 pelamar.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Mohammad Ridwan mengakui banyak keluhan yang disampaikan kepadanya, dan terus melakukan evaluasi dan pembenahan serta solusi atas masalah yang dihadapi calon abdi negara tersebut.

Dia menambahkan salah satunya upaya yang dilakukan adalah, BKN sudah meminta agar Direktorat Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menambah akses bagi pelamar untuk mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga dua kali lipat dari sebelumnya.

Ridwan menjelaskan, hari ini pihaknya sudah mendapat respons dari Kemendagri dan menyetujui soal usul yang ditawarkan.

“Jadi sebelumnya cuma satu juta, sekarang dinaikkan aksesnya bisa sampai dua juta. Karena kalau situs lambat diakses kadang bukan dari BKN, tapi dari situs Kemendagri, karena kan buat akun di SSCN butuh NIK,” ujar Ridwan, seperti dikutip dari CNN, Kamis, (27/9).

Baca juga : Digelontor Rp6 Miliar, Puncak Telomoyo Bakal Jadi Destinasi Andalan Jateng

Selain itu, BKN juga sudah meminta Telkom Indonesia untuk menambah penggunaan konsumsi transfer data per bit/detik atau yang biasa dikenal bandwidth menjadi dua kali dari sebelumnya. Namun, Ridwan tak mau mengungkap angka Bandwidth yang akan ditambah Telkom.

“Aksesn SSCN kan dikelola Telkom, kita sudah minta agar Bandwidth dinaikkan dua kali lipat. Sudah disanggupi cuma datanya rahasia ya,” tegas Ridwan.

Sebelumnya Ridwan juga meminta agar pelamar jangan membuka situs https://sscn.bkn.go.id di saat arus lalu lintas atau traffic website sedang tinggi. Ia mengaku mendapatkan cerita dari salah satu pelamar yang tinggal di Pulau Buru Maluku jika sangat mudah mengakses dan membuat akun karena pas memilih waktunya.

“Jadi ini masalah strategi. Rahasianya pintar mencuri waktu. Jangan masuk di waktu trafik website sedang tinggi,” tegas Ridwan.

Ridwan membeberkan pelamar melempar keluhan situs https://sscn.bkn.go.id sulit diakses ada di waktu pagi setelah pukul 06.00 WIB atau setelah Subuh hingga malam hari pukul 22.00 WIB. Untuk itu, waktu terbaik untuk ‘dicuri’ yang ia maksud sebelumnya adalah di pukul 01.00 WIB dini hari hingga pukul 04.30 WIB atau sebelum masyarakat Indonesia bangun pagi.

Pendaftaran CPNS 2018 di situs https://sscn.bkn.go.id sudah resmi dibuka dan sudah dapat diakses sejak Rabu (26/9) pukul 00.01 WIB. Namun, banyak pelamar yang mengeluhkan akses ke situs sangat lambat. Bahkan ada beberapa pelamar yang mendatangi kantor BKN untuk meminta bantuan dan solusi terkait masalah pendaftaran CPNS 2018. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id