Di Pasar Ini Rupiah Tak Berlaku

rupiah tak berlaku
Sejumlah pedagang menjajakan makanan dan minuman di Pasar Destinasi Digital Telaga Jonge, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta | Foto: instagram pasartelagajonge
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Pasar Destinasi Digital Telaga Jonge, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta tengah digagas pemerintah daerah setempat.

Seperti dirilis Kompas.com, pasar ini memadukan konsep digital dan tradisional, diyakini bakal menyedot wisatawan milenial.

Telaga Jonge awalnya merupakan telaga biasa, namun memiliki keunikan tidak pernah mengalami kekeringan meski kemarau panjang di Kabupaten Gunungkidul.

Seiring perkembangan wisata di sekitar yakni Goa Kalisuci, dan Luweng Jomblang, masyarakat di sekitar mulai mengembangkan Telaga Jonge.

Tak ada pengenaan tarif untuk mengunjungi Telaga Jonge alias gratis.

Namun uniknya, untuk berbelanja di pasar tradisional itu, uang rupiah tidak akan terpakai, karena harus menukarkan dengan uang jonge yang terbuat dari kayu berbentuk persegi panjang. Satunya bernilai Rp 2.000, pedagang di sana hanya menerima uang jonge.

“Beli di sini harus menggunakan uang jonge, kalau belum punya bisa ditukar di depan,” kata salah seorang pedagang Dawet Jaipong, Pantik Rusini kepada salah seorang pembeli, Jumat (26/10).

Menurut dia, sejak bulan Juli 2018 dirinya dan beberapa orang warga sekitar sudah mulai berjualan di sekitar telaga.

Baca juga: Semarang, Solo dan Pemalang Digadang Jadi Poros Wisata Baru

Pedagang tempe nuget, Nunuk Witari menambahkan, dengan berdirinya pasar digital ini bisa meningkatkan perekonomian keluarganya. Wanita yang sehari-hari menjadi penjahit ini mengaku terbantu dengan promosi melalui digital. “Lumayan bisa membantu perekonomian,” imbuh dia.

Lurah Pasar Digital Telaga Jonge, Yudas Tadius Andi Candra mengatakan, konsep pasar digital merupakan pasar tradisional yang dipadukan dengan digital untuk sarana promosinya.

Salah satunya menghadirkan spot swafoto yang banyak digandrungi wisatawan milenial.

“Yang pertama di sekitar lembah Ngingrong, kedua di sini (Telaga Jonge) dan ketiga di Kedung Kandang, Nglanggeran baru akan diresmikan beberapa bulan ke depan,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti.

“Pasar digital itu merupakan pendampingan dari Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja. Ini sesuai arahan pak Menteri (Menteri Pariwisata Arief Yahya) terkait peluncuran pasar digital di Indonesia. Total ada 100 seluruhnya, kita (Gunungkidul) mendapatkan tiga lokasi),” ujarnya.

Ketiga lokasi sengaja dipilih di sekitar geosite Geopark Gunungsewu. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangannya. “Setiap lokasi pasar digital dipilih yang dekat dengan geosite, sehingga setiap titik ada kekhasan masing-masing,” kata Asti. (wiek/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*