Press "Enter" to skip to content

Trans Jawa Terwujud, Pemda Harus Lebih Agresif Bangun Perekonomian

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Pembangunan infrastruktur Trans Jawa dinilai akan meningkatkan potensi ekonomi di wilayah jalur Pantai Selatan (Pansela) Pulau Jawa, untuk itu pemerintah diimbau lebih agresif dalam pembangunan perekonomian daerah.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyatakan pembangunan infrastruktur Trans Jawa akan memberikan kekuatan baru yang hasus diekspolrasi untuk kepentingan ekonomi daerah.

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu mengharapkan pemerintah daerah dan investor dapat bergerak cepat menggarap potensi lokal untuk dijadikan pusat perekonomian baru yang berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

“Trans Jawa merupakan faktor pendukung utama pengembangan ekonomi daerah. Dengan pergerakan melalui selatan, saya yakin para pemudik akan terinspirasi bahwa ada potensi dan kekuatan baru yang perlu eksplorasi untuk kepentingan ekonomi pada masa mendatang,” katanya seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/6)

Menurut Moeldoko, pembangunan jalur Pansela Pulau Jawa tidak hanya sebatas untuk mengurangi kepadatan lintas utara dan tengah, tapi juga bertujuan untuk membuka akses pemerataan ekonomi di jalur selatan.

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Pusat tersebut juga menuturkan banyak potensi lokal mulai dari sumber daya alam hingga kekayaan budaya yang bisa menjadi pemantik pembangunan ekonomi masyarakat pada jangka menengah dan panjang.

Adapun pembangunan pusat perekonomian tersebut, dinilainya, akan didukung berbagai sektor, seperti ekonomi pertanian, ekonomi industri, ekonomi kreatif, pariwisata hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dari sisi pertanian, Moeldoko menyatakan, keberadaan jalur Pansela Pulau Jawa juga akan mempermudah akses distribusi hasil panen, sehingga membuka peluang bagi pasar besar untuk mengambil langsung kepada para petani.

“Ketersediaan infrastruktur transportasi yang memadai sangat mendukung proses distribusi hasil panen sehingga lebih optimal dalam menarik minat distributor skala besar untuk turun lansung membeli barang petani,” ujarnya.

Di sektor industri, diharapkannya, akan muncul pabrik baik skala besar maupun menengah di kawasan tersebut, sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

Dari sisi ekonomi kreatif, Pansela Pulau Jawa akan juga dapat memancing masyarakat untuk menghasilkan kerajinan lokal yang memiliki nilai ekonomis. Dari sisi pariwisata dapat memberikan pendapatan bagi daerah, serta menggeliatkan UMKM dan industri rumahan. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id