Press "Enter" to skip to content

Mundur Dari Alibaba, Jack Ma Dirikan Yayasan

Mari berbagi

JoSS, CHINA – Pemilik Alibaba Group Holding Ltd. Jack Ma berencana mundur dari perusahaan e-commerce raksasa yang berasal dari China tersebut pada Senin (10/9).

Kepada New York Times Ma mengatakan bahwa ia akan tetap berada di Dewan Direksi Alibaba saat ia melakukan upaya filantropis.

Dikutip dari Kabar24, Ma mengatakan, awal pekan ini bahwa dia berencana untuk pensiun dan ingin mendedikasikan lebih banyak waktu dan kekayaannya untuk filantropi dengan penciptaan fondasi atas namanya sendiri yang berfokus pada pendidikan, mengikuti jejak rekan miliarder lainnya, Bill Gates.

Ma mengatakan ada banyak hal yang bisa dia pelajari dari Bill Gates. “Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi Saya bisa pensiun lebih awal,” katanya.

Ma mengatakan dia bisa segera kembali mengajar. “Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba,”ujarnya.

Juru bicara Alibaba masih belum dapat memberikan keterangan laporan pada hari Sabtu.

Bahkan setelah mengundurkan diri sebagai Chief Executive Officer pada 2013, mantan guru bahasa Inggris itu tetap menjadi wajah publik perusahaan dengan nilai pasar lebih dari US$400 miliar dan minat yang meliputi e-commerce dan produksi film Hollywood untuk komputasi awan dan pembayaran online.

Baca juga : Pemerintah Buka Penerimaan CPNS Sebanyak 238.015 Formasi

Selama menjabat sebagai Direktur, ia membantu memandu pertumbuhan di dalam dan luar negeri sambil memelopori penawaran publik perdana tahun 2014 dan menjadi yang terbesar yang pernah ada.

Ma, yang berusia 54 tahun pada hari Senin, memiliki kekayaan bersih lebih dari US$40 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Sementara Ma melihat dirinya sebagai eksekutif yang tidak disengaja yang hanya memasuki dunia bisnis dengan pendirian Alibaba hampir 20 tahun yang lalu, ia telah menjadi salah satu pemimpin perusahaan yang paling diakui di China.

“Anda akan segera tahu. Saya sudah menyiapkan Jack Ma Foundation, semua hal yang sudah saya persiapkan selama 10 tahun,” kata Ma.

Alibaba memiliki salah satu tim manajemen terkuat di perusahaan China dan bahkan jika dia mundur, Ma kemungkinan masih memiliki peran dalam pengaturan strategi tingkat atas, kata Brock Silvers, Managing Director Kaiyuan Capital.

“Ketika Jack Ma berbicara dengan penuh semangat tentang pensiun dari Alibaba, tidak ada alasan untuk tidak menerima kata-katanya,” kata Silvers.

“Pada suatu hari, pemegang saham Alibaba mungkin memiliki sedikit rasa takut jika Ma yang karismatik mundur sedikit lebih jauh,” jelasnya.

Fokus pada pendidikan tidak akan mengejutkan pengikut Ma yang antusias, yang telah sering membicarakan pentingnya hal itu kepadanya dan beberapa kekurangannya sebagai siswa, termasuk gagal dalam ujian Universitas Nasional China dua kali.

“Saya tidak dianggap sebagai murid yang baik tetapi saya meningkat, kami terus belajar sepanjang waktu. Jadi saya ingin menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk ini, ”kata Ma.

Selama menjabat sebagai ketua, ia telah membantu memandu pertumbuhan di dalam dan luar negeri. Ma adalah salah satu pemimpin bisnis asing pertama yang bertemu dengan Donald Trump setelah pemilihannya. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id