Gubernur Koster Segera Tetapkan Pembangunan Bandara Baru Bali

bandara baru
I Wayan Koster, Gubernur Bali | Foto : instagram humas.provbali
Mari berbagi

JoSS, BALI – Wayan Koster, Gubernur Bali yang baru terpilih, berjanji segera merealisasikan rencana pembangunan bandar udara baru bertaraf internasional di wilayah Bali Utara, tepatnya di Desa Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Gubernur yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali itu menegaskan penetapan lokasi bandara baru di Kubutambahan akan diterbitkan pada September 2018. Nantinya, bandara tersebut akan menjadi infrastruktur penunjang pengembangan pariwisata di Pulau Dewata.

“Berkaitan dengan rencana pembangunan bandara baru di Bali, saya sudah tiga kali bertemu dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada 10 Agustus, 27 Agustus dan 4 September 2018,” ujarnya setelah serah terima jabatan di Kantor DPRD Provinsi Bali seperti dikutip Antara, Sabtu (8/9).

Dia mengklaim sudah ada persamaan persepsi tentang pentingnya pembangunan bandara baru di wilayah Bali Utara.

Menurut dia, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali Selatan yang sudah ada saat ini hanya dikembangkan landasan pacu, parkir, apron dan terminal. Bandara diperkirakan hanya cukup menampung kedatangan pesawat dan wisatawan hingga lima tahun ke depan.

Baca juga : Airnav Optimalkan Jalur Penerbangan Selatan Jawa

Awalnya, ada rencana pembangunan landasan pacu baru di Bandara Ngurah Rai dengan cara mereklamasi laut. Namun, biaya investasi terbilang bombastis mencapai Rp25 triliun serta membutuhkan sejumlah teknologi tinggi dan berisiko tinggi pula.

Maka itu, akhirnya diputuskan untuk membangun bandara baru di Kubutambahan yang bertaraf internasional dengan biaya investasi lebih murah serta kapasitas lebih besar.

“Dengan anggaran segitu (Rp25 Triliun) Bandara di Buleleng akan terbangun dengan skala yang lebih besar,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan studi kelayakan pembangunan bandara dan diperkirakan rampung pada akhir 2018. Setelah itu, pembangunan segera dilakukan.

Bandara baru yang berada di sisi utara Pulau Dewata itu diharapkan dapat mengatasi kesenjangan antara wilayah selatan dan utara.

Sebelumnya, kepemimpinan Gubernur Bali periode 2008-2018 Made Mangku Pastika telah merekomendasikan PT Pembangunan Bali Mandiri sebagai salah satu perusahaan lokal yang serius membangun bandara baru di Kubutambahan tersebut.

Pembangunan Bali Mandiri telah menandatangani kerja sama dengan sejumlah perusahaan seperti, PT Wijaya Karya (BUMN), Perusda Bali (BUMD), Desa Adat Kubutambahan, dan sejumlah investor asing. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*