Jateng Raih Predikat Terbaik Pelayanan Perizinan Investasi

investasi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima award dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartato atas pelayanan perizinan di DPMPTSP Jateng | Foto : joy/istimewa
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mendapat predikat terbaik di pelayanan perizinan investasi. Pemerintah pusat lewat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kementerian Perindustrian memberikan penghargaan Investment Award 2018 atas layanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng.

Award diserahkan langsung Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Ruang Nusantara, Gedung BKPM Jalan Jenderal Gatot Subroto No 44, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Pemprov Jateng mengungguli 10 nominator lain, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) terbaik se-Indonesia. Bahkan pelayanan izin investasi Jateng mengungguli Pemprov Jawa Timur dan Pemprov DKI Jakarta yang menempati posisi terbaik dua dan tiga.

Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan penghargaan yang diperoleh merupakan hasil perjuangan panjang dalam memperbaiki sistem pelayanan perizinan. Kuncinya adalah memperingkas persyaratan, menerapkan standar waktu pelayanan dan memberikan pelayanan pendampingan.

“Kami lihat berapa syarat yang bisa diringkas dan proses waktunya bisa dipercepat. Kami juga memberikan pendampingan. Jadi jika ada orang mau investasi ke Jateng dan bingung, kami dampingi apa yang harus dilakukan. Maka pak menteri bilang, Jateng banyak dilirik investor, bahkan ingin merelokasi pabriknya ke Jateng,” papar dia.

Selama memimpin Jateng, lanjut Ganjar, PTSP menjadi perhatiannya lantaran banyak komplain dari pengusaha. Salah satu terobosan yang dilakukan DPMPTSP adalah dengan membuat Sistem Aplikasi Perizinan Jawa Tengah (SIAP Jateng) yang dilaunching akhir 2017. Hanya saja sistem tersebut ingin ia kembangkan untuk memudahkan investor mengetahui gambaraan riil Jateng.

Baca juga : Ekonomi Kerakyatan Kulon Progo Diapresiasi Dunia

“Jadi kayak peta untuk mengetahui kondisi investasi di Jateng. Sehingga kalau mau investasi tinggal apply lewat aplikasi dan saat calon investor datang itu sudah ada gambaran tempat di mana dan mau investasi apa. Ini sebagai komitmen pelayanan mudah, murah, dan cepat,” tegas dia.

Selain DPMPTSP Jateng, tiga kabupaten/kota di Jateng juga meraih award serupa. Kota Surakarta pada peringkat kedua dan Kota Semarang peringkat ketiga kategori Kota/KEK/KPBPB. Sedang Kabupaten Sragen meraih peringkat kedua kategori kabupaten. Serta lima kabupaten meraih penghargaan sebagai nominator PTSP terbaik yakni Kabupaten Semarang, Kabupaten Pekalongan, Wonogiri, Boyolali, Cilacap, dan Demak.

“Penghargaan ini diharapkan bisa memotivasi PTSP lain di seluruh Indonesia yang belum meraih penghargaan. Agar mereka memperbaiki layanan perizinan dan non perizinan daerah untuk peningkatan ekonomi daerah, membuka lowongan pekerjaan, dan meningkatkan daya saing,” tandas Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong. (joy/lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*