fbpx

Fakta Dibalik Museum Keris Nusantara Solo, Keris Pak Jokowi Juga Ada lho

Museum Keris Nusantara
Pemandu memberikan penjelasan kepada pengunjung mengenai koleksi keris di Museum Keris Nusantara | Foto : instagram uptmuseum_surakarta
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SOLO – Weekend ini, kemana anda? Jika belum ada tujuan untuk berwisata, Museum Keris Nusantara di Solo ini, bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi bersama keluarga.

Objek wisata edukasi yang berada di jalan Bhayangkara No. 2, Solo Jawa Tengah, tepatnya di belakang Stadion Sriwedari R. Maladi ini memajang berbagai koleksi pusaka khas dari sejumlah daerah di Nusantara.

Butuh waktu sekitar empat tahun untuk mewujudkan museum ini sebelum akhirnya resmi dibuka untuk umum pada 9 Agustus 2017 lalu oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah fakta menarik tentang museum yang mulai dibangun sejak 2013 ini layak anda simak:

1. Punya 408 koleksi keris dan jumlahnya akan terus bertambah

Berawal dari pengakuan Lembaga UNESCO bahwa keris adalah warisan dunia dari Indonesia pada 2005, pemerintah lantas mendirikan Museum Keris ini. Saat ini 408 koleksi keris dari penjuru Nusantara terpajang di sana.

Museum Keris Nusantara

Museum Keris Nusantara | Foto : instagram haniabd

Walikota Solo Hadi Rudyatmo bahkan mengatakan pihaknya menerima lebih dari 1.200 keris dan pusaka khas daerah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Total kami terima 1200an bilah dan kami duga yang masuk kategori cagara budaya ada 133 bilah,” katanya, seperti dikutip dari kbr.id, baru-baru ini.

Tak hanya Keris, museum itu juga memajang pusaka lain seperti pedang maupun tombak peninggalan Kerjaaan yang ada di bumi Nusantara.

2. Koleksi keris didominasi dari hibah

Menurut Bambang Tuko Wibowo, staf Museum Keris Nusantara dilansir dari wonderfulsolo.com, koleksi keris disana didominasi dari hibah para kolektor ataupun kalangan pribadi dimana hibah itu diseleksi oleh para kurator sebelum dipajang.

Keris yang tidak dibuat berdasarkan pakem (aturan baku) pembuatan keris tidak dijadikan koleksi Museum Keris ini.

Baca juga : Bunker di Balaikota Solo Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

3. Museumnya terdiri dari 4 lantai

Museum keris nusantara ini berlantai 4. Menariknya disetiap lantinya diberi nama Jawa. Lantai 1 atau Wedharing Wacana merupakan ruang pengenalan seputar informasi awal mengenai keris yang ditampilkan secara lengkap dalam bentuk tulisan.

Di lantai 2 bernama Purwaning Wacana, yang berisi ruang pamer dengan aneka koleksi keris terutama keris gaya Surakarta dan Yogyakarta. Di lantai ini juga terdapat ruang bermain anak, ruang restorasi keris dan perpustakaan

Pada lantai 3 yakni Cipta Adiluhung menampilkan diorama proses pembuatan keris disertai ritual – ritual dan sesaji yang menyertainya. Terakhir di lantai 4 yang bernama Esthining Lampah, dipajang keris dari berbagai daerah di Nusantara.

Museum Keris Nusantara

Keris milik Presiden Joko Widodo yang dhibahkan ke Museum Keris Nusantara | Foto : instagram eightakris

4. Keris koleksi milik Presiden Joko Widodo juga ada

Siapa sangka Presiden Joko Widodo mengoleksi keris. Namun Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini memilih untuk menghibahkan kerisnya ke Museum lantaran tidak sanggup merawat sendiri. Keris yang dihibahkan Jokowi ke Museum Keris Nusantara itu bernama Kyai Tengara

Tertarik untuk mengunjungi sekaligus berlajar mengenal keris Nusantara, datang saja di hari Selasa – Kamis buka dari pukul 09.00 – 15.00 WIB , Jumat jam 08.30 – 11.00 WIB, Sabtu, dari 09.00 – 15.00 WIB dan Minggu pukul 09.00 – 13.00 WIB  dengan tiket masuk Rp7.500,-. Untuk hari Senin libur. (Isn/lna)


Berita lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *