Pengusaha Truk Mendesak Percepatan Pembangunan Tol Akses Pelabuhan

pengusaha truk
Ilustrasi akses Pelabuhan Tanjung Priok | Foto : TruckMagz
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Kalangan pengusaha truk mendesak mempercepat pembangunan tol akses ke  Pelabuhan Tanjung Priyok menyusul kondisi jalan yang saat ini macet parah sehingga menghambat proses distribusi barang dan logistik.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Kyatmaja Lookman mengatakan jalan tol yang bisa jadi solusi kemacetan akses pelabuhan  adalah ruas Cibitung – Cilincing.

“Yang kita butuhkan itu jalan tol  Cibitung – Cilincing, maka masalah akan jauh berkurang, karena sumber persoalannya di sini,” ujarnya, Senin (27/8).

Kyatmaja menambahkan, akses menuju pelabuhan menjadi sumbatan bagi kendaraan logistik. Hal ini kian parah karena jalan tol Jakarta – Cikampek juga mengalami penyempitan lajur akibat pembangunan jalan tol layang atau Japek Elevated.

Untuk diketahui, jalan tol Jakarta – Cikampek merupakan salah satu jalur tol terpadat di Indonesia. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), pada 2017 volume kendaraan yang melintas di jalur itu mencapai 205.111.304.

Samentara itu, progres pembangunan jalan tol Cibitung – Cilincing per 10 Agustus 2018 telah mencapai 49,19% untuk pembebasan lahan dan 8,29% untuk progres konstruksi. Jalan tol Cibitung – Cilincing terbentang 32,76 km dan terbagi atas empat seksi. Proyek ini ditargetkan bisa rampung pada Desember 2019.

Di sisi lain Kyatmaja berharap operator tol Cibitung – Cilincing nantinya bisa menerapkan tarif yang terjangkau guna membantu upaya penurunan biaya logistik. “Harusnya ya [tidak mahal] kalau biaya logistik mau kita tekan,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, jalan tol Cibitung – Cilincing dibangun oleh PT Cibitung Tanjung Priok Portways, badan usaha yang sahamnya dimiliki Waskita Toll Road sebesar 55% dan PT Pelindo II (Persero) sebanyak 45%. Menutur laporan monitoring jalan tol BPJT, investasi yang dikucurkan untuk pembangunan jalan tol ini mencapai Rp4,2 triliun.

Baca juga : Ada Perbaikan Jalan Sekarang Pool Koridor VI Pindah Ke Halte Unnes

Sementara itu, PT Waskita Toll Road (WTR) berusaha untuk tetap fokus dalam membangun jalan tol di luar Trans Jawa. Salah satunya adalah Ruas Cibitung-Cilincing.

Direktur Utama WTR Herwidiakto memastikan, proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing terus dikerjakan pihaknya kendati progresnya berjalan lambat.

Progres konstruksinya yang lambat diakui Herwidiakto karena pihaknya baru bisa membangun per titik sesuai dengan lahan yang sudah dibebaskan. Kendati demikian, dia memastikan kalau Jalan Tol Cibitung-Cilincing bakal rampung pada 2019 mendatang.

“Jadi untuk sekarang ini fokusnya itu di jalan layang dari Cibitung ke arah Cilincing dibangun dahulu interchange-nya karena relatif lahannya sudah bebas dan milik Jasa Marga. Untuk tahun ini belum ada target operasi,” papar Herwidiakto.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing dibangun sepanjang 34 kilometer dengan nilai investasi mencapai Rp 4,22 triliun Jalan tol ini terdiri atas empat seksi, yakni Seksi 1 Cibitung-Telagaasih sepanjang 2,96 kilometer dan Seksi 2 Telagaasih-Tembelang dengan panjang 9,41 kilometer.

Sedangkan Seksi 3 dari Tembelang-Mekarjaya sepanjang 13,09 kilometer, dan Seksi 4 Mekarjaya-Cilincing sepanjang 8,56 kilometer.

Keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat mengurangi beban angkutan barang dan kendaraan di ruas jalan tol Jakarta–Cikampek yang melintasi kawasan Cawang. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*