Jumlah Korban Terus Bertambah, Masa Darurat Bencana Lombok Diperpanjang

darurat bencana
Ribuan pengungsi masih bertahan di tenda pengungsian. Jumlah pengungsi tercatat 387.067 jiwa tersebar di Kabupaten Lombok Utara, Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Timur | Foto : istimewa/linakasih/bnpb
Mari berbagi

JoSS, LOMBOK – Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat akhirnya memperpanjang masa tanggap darurat penanganan dampak bencana gempa bumi di Lombok hingga 25/8/2018 menyusul masih berlangsungnya proses evakuasi korban.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) mengatakan karena masih banyak masalah dalam penanganan dampak gempa, pihaknya memutuskan untuk memperpanjang 14 hari masa tanggap darurat, yaitu dari Minggu (12/8) hingga Jumat (25/8).

Dia menuturkan masalah tersebut di antaranya masih adanya korban yang harus dievakuasi, pengungsi yang belum tertangani dengan baik, gempa susulan yang masih terus berlangsung bahkan gempa yang merusak dan menimbulkan korban jiwa, dan lainnya.

Dengan penetapan masa tanggap darurat, maka ada kemudahan akses untuk penanganan dampak bencana menjadi lebih cepat.

“Akses cepat diperlukan dalam pengerahan personel, penggunaan sumber daya, penggunaan anggaran, pengadaan barang logistik dan peralatan, serta administrasi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima JoSS.co.id.

Sementara itu, Kepala pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jumlah korban gempabumi terus bertambah. Hingga Sabtu (11/8), tercatat 387 orang meninggal dunia yang tersebar di Kabupaten Lombok Utara 334 orang, Lombok Barat 30 orang, Lombok Timur 10, Kota Mataram 9, Lombok Tengah 2, dan Kota Denpasar 2 orang.

Dia menambahkan jumlah korban meninggal diperkirakan terus bertambah karena masih ada korban yang diduga tertimbun longsor dan bangunan roboh, dan adanya korban meninggal yang belum didata atau dilaporkan ke posko.

Misalnya di Kabupaten Lombok Timur kemarin dilaporkan 11 orang meninggal dunia, namun setelah diverifikasi ternyata terjadi pencatatan ganda.

“Satu korban dilaporkan 2 kali karena menggunakan nama panggilan dan nama lengkap,”katanya dalam keterangan resminya, Sabtu (11/8)

Baca juga : Pemerintah Siap Kucurkan Rp4 Triliun Untuk Penanganan Korban Gempa Lombok

Sementara itu, sebanyak 13.688 orang luka-luka. Pengungsi tercatat 387.067 jiwa tersebar di ribuan titik. Ratusan ribu jiwa pengungsi tersebut tersebar di Kabupaten Lombok Utara 198.846 orang, Kota Mataram 20.343 orang, Lombok Barat 91.372 orang, dan Lombok Timur 76.506 orang.

“Angka pengungsi berubah-ubah karena banyak pengungsi yang pada siang hari kembali ke rumah atau menengok kebunnya, tetapi pada malam hari kembali ke pengungsian. Selain itu belum semua titik pengungsi terdata,” tuturnya.

Selain itu juga terdapat sebagian warga yang harusnya tidak perlu mengungsi karena kondisi rumah masih berdiri kokoh tanpa kerusakan tetapi ikut mengungsi karena trauma dengan gempa. Semuanya memerlukan bantuan.

Hingga H+6 masih terdapat beberapa pengungsi yang belum mendapat bantuan, khususnya di Kecamatan Gangga, Kayangan dan Pemenang yang aksesnya sulit dijangkau. Juga di beberapa titik di Lombok Barat.

“Bantuan logistik terus berdatangan. Permasalahan utama adalah distribusi logistik yang untuk mengirimkan ke ribuan titik pengungsian,” ujarnya.

Akses jalan menuju lokasi pengungsi juga rusak. Sebagian besar jalan di Lombok Utara mengalami kerusakan akibat gempa. Oleh karena itu percepatan distribusi logistik menjadi prioritas saat ini, selain pemenuhan kebutuhan dasar bagi pengungsi.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda, selimut, makanan siap saji, beras, MCK portable, air minum, air bersih, tendon air, mie instan, pakaian, terpal/alas tidur, alat penerang/listrik, layanan kesehatan dan trauma healing. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*