Flyover Purwosari Solo Dilelang September

Purwosari Solo
Ilustrasi jalan layang | Foto : instagram daenginfo
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Proyek pembuatan flyover atau jalan layang Purwosari Solo dijadwalkan bisa dilelang bulan September 2018 karena desainnya sudah selesai dibuat dan disetujui oleh berbagai pihak yang terkait.

Pejabat Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II (Jateng), Teuku Hermansyah, saat ditemui wartawan memastikan desain flyover Purwosari Solo sudah fix dan sudah selesai dibuat. Menurut Hermansyah, masih ada beberapa tahaoan yang harus dilakukan. Namun lelang diperkirakan akan dilaksanakan September.

“Desain sudah selesai di Satker P2JN Jateng. Cuma ada beberap hal yang perlu dirapatkan kembali dengan PT KAI atau Kemenhub terkait dengan perlintasan rel keterea api. Jadi sebelum dilelangkan, P2JN perlu menyakinkan bahwa desain mereka tidak menyalahi aturan Kemenhub,” kata Hermansyah sebagaimana diberitakan Solopos.com, baru-baru ini.

Menurut dia, masih ada kapan pertemuan antara pejabat P2JN dengan perwakilan Kemenhub untuk memastikan langkah lebih lanjut. Namun, yang jelas, kata dia, proses lelang pembangunan flyover Purwosari telah ditarget paling lambat September 2018.

Pejabat PJN Wilayah II menyerahkan kewenangan proses lelang kepada pejabat P2JN. Dia menilai pejabat P2JN perlu konsultasi lebih dulu dengan Kemenhub guna mengantisipasi terjadinya koreksi atau masalah saat sudah memasuki tahap pengerjaan fisik oleh PJN Wilayah II.

“Target kami pengerjaan fisik bisa mulai tahun ini. Kemungkinan mulai bulan ke-11 [November] nanti karena proses lelang biasanya butuh waktu dua bulan. Yang saya tahu sekarang P2JN memang masih ingin memastikan ke Kemenhub. Jangan sampai saat pelaksanaan fisik masih ditemui masalah terkait area bebas bangunan pada rel.”

Baca juga : Terdampak Pembangunan Jalan Tol Batang – Semarang Ribuan Makam Direlokasi

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, jika berjalan sesuai rencana, pembangunan flyover Purwosari bakal dikerjakan setelah pembangunan flyover Manah:an selesai. Pembangunan flyover Manahan ditarget rampung pada Oktober 2018.

Saat dimintai informasi, Site Manager PT Yasa Patria Perkasa selaku kontraktor proyek pembangunan flyover Manahan, Ari Wahyudi, mengklaim perkembangan proses pembangunan flyover Manahan sudah mencapai 60% per Selasa (14/8).

Selain melanjutkan proses pembangunan badan jalan, PT Yasa Patria Perkasa kini tengah memasang corrugated atau terowongan di Jl. Hasanuddin dan Jl. M.T. Haryono.

“Maka dari itu, PT Yasa Patria Perkasa kini terpaksa meminta Dishub menutup Jl. Hasanuddin dan Jl. M.T. Haryono untuk mendukung proses pekerjaan itu,” jelas Ari. (espos/wid)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*