Press "Enter" to skip to content

Terdampak Pembangunan Jalan Tol Batang – Semarang Ribuan Makam Direlokasi

Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pembangunan proyek jalan Tol Batang-Semarang yang ditarget rampung akhir tahun ini terus dikebut. Ribuan makam yang lahannya terkena proyek jalan bebas hambatan sepanjang 75 Km tersebut juga tengah direlokasi.

Juru bicara jalan tol Batang-Semarang seksi 5 dari PT Waskita Karya, Sutarji mengatakan, pemindahan jenazah yang dimakamkan di lahan seluas 5.302 meter persegi yang berada di Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang tersebut dilakukan oleh pihak paguyuban makam.

Dia menambahkan pihak Waskita selaku kontraktor pembangunan melakukan pengawasan agar proses pemindahan berjalan lancar. “Pemindahan ini dilakukan oleh paguyuban makam. Mereka yang mendapat mandat atau kewenangan dari ahli waris,” katanya seperti dikutip dari Kompas Rabu (15/8).

Pihaknya ingin memastikan agar proses pemindahan makam berjalan cepat, setidaknya dalam waktu sepekan ke depan. “Pindahan makam ini paling tidak 8 hari kerja, kalau sebulan itu terlalu lama dan bisa menggangu proses pekerjaan, belum lagi kalau lama nanti mulai musim hujan,” ujarnya.

Baca juga : 6 Ruas Jalan Tol Sepanjang 327 KM senilai Rp124 Triliun Dilelang

Setiap makam yang akan dipindahkan juga telah diberi tanda terlebih dahulu. Setelah makam dibongkar, areal makam nantinya dipindah di sisi sebelah barat jalan tol. Tampak juga sebagian lahan relokasi yang dipersiapkan untuk makam sedang diratakan dengan alat berat.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Negara Kota Semarang Wibowo Suharto sebelumnya menyatakan, luas makam di kampung Plampisan, Purwoyoso, yang terdampak jalan tol itu seluas 5.302 meter persegi. Seluruh jenazah di area itu akan dipindahkan ke lokasi baru.

Proyek Jalan Tol Batang-Semarang yang dibagi menjadi 5 seksi diproyeksikan akan rampung pada akhir tahun 2018. Ke lima seksi tersebut masing-masing yaitu: Seksi I, awal proyek – Batang Timur (3,2 km), Seksi II Batang Timur – Weleri (36,35 km), Seksi III Weleri – Kendal (11,05 km), Seksi IV Kendal – Kaliwungu (13,5 km) dan Seksi V Kaliwungu – Krapyak (10,9 km)

Hingga bulan Mei 2018 lalu, progres pembangunan konstruksi proyek Jalan Tol Batang-Semarang mencapai 78%. Sedangkan dari sisi pembebasan lahan, PT Jasa Marga Semarang Barang telah berhasil membebaskan 98,17% dari seluruh kebutuhan lahan. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id