Press "Enter" to skip to content

Indonesia Negara Pertama Yang Dikunjungi Mahathir

Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Indonesia akan menjadi negara pertama yang akan dikunjungi Perdana Menteri Malayisia Mahathir Mohamad setelah dia dilantik sebagai perdana menteri pada 10 Mei 2018. Dalam kunjungan yang dijadwalkan mulai kamis (28/6) Mahathir didampingi istri serta sejumlah menteri dan pejabat Malaysia.

Dalam kunjungannya, Mahathir diagendakan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Bogor besok Jumat untuk membicarakan berbagai permasalahan untuk peningkatan kerja sama kedua negara. “Kunjungan PM Malaysia adalah kunjungan perkenalan. Tentunya akan digunakan untuk memperkuat hubungan bilateral,” kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Kamis (28/6).

Menurut Retno, Pemerintah Indonesia optimistis pertemuan tersebut akan menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang bermanfaat bagi kedua negara, mengingat Indonesia dan Malaysia adalah negara bertetangga dekat yang berbatasan langsung wilayahnya. “Malaysia adalah negara tetangga dekat yang memiliki hubungan ekonomi sosial budaya yang kuat,” terangnya.

Sementara Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam pernyataan resminya menyebutkan, kunjungan ke Indonesia akan memberikan platform bagi kedua pemimpin untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama kedua negara. Ini juga memungkinkan Malaysia menyoroti kebijakan dan isu-isu terkini.

Mahathir dan Jokowi juga akan membahas isu-isu regional ASEAN yang bertujuan untuk kepentingan kedua negara. “Kedua pemimpin akan berkesempatan bertukar pandangan tentang isu regional dan global yang jadi kepentingan bersama kedua negara,” tulis pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Malaysia.

Baca juga : Isu Palestina Menjadi Fokus Indonesia di DK PBB

Menurut rencana, Mahathir Mohamad dan rombongan akan berada di Indonesia hingga Jumat (29/6). Begitu tiba, Mahathir dijadwalkan bertemu Diaspora Malaysia di Jakarta. Kemudian pada Jumat (29/6), Mahathir bakal bertemu Jokowi di Istana Bogor.

Pertemuan di Istana Bogor juga akan diikuti dengan makan siang yang diselenggarakan Presiden Jokowi untuk menyambut Mahathir dan delegasi Malaysia.

Salah satu agenda penting yang diperkirakan akan dibahas adalah perdagangan. Malaysia merupakan mitra dagang ketuuh terbesar bagi Indonesia secara global, dan ketiga terbesar di ASEAN setelah Singapura dan Thailand. Pada tahun 2017  perdagangan bilateral antara Indonesia-Malaysia mencapai Rp 257 triliun, meningkat 22 persen jika dibandingkan dengan 2016. (dtc/wid)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id