Press "Enter" to skip to content

5.000 Pemudik Tinggalkan Solo

Mari berbagi

JoSS, SOLO – Sebanyak 5.000 pemudik di Solo kembali ke Jakarta dengan mengikuti program mudik gratis dari pemerintah. Wali Kota Solo, Jawa Tengah FX Hadi Rudyatmo melepas rombongan pertama Balik Mudik Bareng BUMN di Stasiun Purwosari, Sabtu petang.

Acara pelepasan ditandai dengan acara seremonial pemakaian topi masinis oleh Rudyatmo, diikuti dengan peniupan peluit panjang oleh Masinis Kereta Jaka Tingkir, Sugiyo yang akan membawa ribuan pemudik dari kampung halamannya di Solo ke Stasiun Senen, Jakarta.

Sebelum melepas acara keberangkatan, Wali Kota Solo tampak ikut memantau kesiapan acara Balik Mudik Guyub Rukun bersama Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi (MRTI) PT Jasa Raharja (Persero) Wahyu Wibowo dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Provinsi Jawa Tengah Harman Muldidarmawan.

“Bagaimana apa senang ikut program mudik gratis ini?” tanya Wali Kota Solo Rudyatmo ke peserta yang ia temui langsung di dalam gerbong kereta api.

Sekitar 2000 orang menaiki Kereta Ekonomi AC Jaka Tingkir dalam rombongan pertama Balik Mudik Bareng Gratis dari PT Jasa Raharja, Sabtu. Selain itu, pemerintah juga menyediakan 70 bis pariwisata untuk mengembalikan sekitar 3000 pemudik dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali ke Terminal Bis Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

“Total pemudik yang kembali ke Jakarta ada sekitar 18 persen dari 38.400 pemudik yang pulang ke kampung halamannya pada program Mudik Bareng Guyub Rukun 2018,” kata Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo Slamet di Boyolali, Sabtu.

“Ada 32 gerbong kereta api yang akan berangkat dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Senen, Jakarta sore ini. Tujuan kami, Jasa Raharja mengadakan acara Balik Mudik ini untuk membantu menekan angka kecelakaan, serta mengurangi angka kemacetan di jalan,” tambahnya.

Baca jugaRibuan Pemudik Di Pulau Bawean Balik Secara Bertahap

Sementara itu saat ditemui di rumah dinas Loji Gandrung, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memuji program Mudik Bareng dan Balik Mudik gratis dari 62 BUMN yang dipimpin pelaksanaannya oleh PT Jasa Raharja.

“Kegiatan ini luar biasa memberikan pelayanan masyarakat mudik dan balik gratis, tanpa ada pungutan biaya. Program (balik mudik bareng) merupakan salah satu cara mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas,” kata Rudyatmo di depan Loji Gandrung, Solo, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Solo Rudyatmo mengimbau pemudik agar terus menjaga kesehatan selama perjalanan.

Tidak hanya Solo, lokasi pemberangkatan Balik Mudik Bareng PT Jasa Raharja dengan kereta juga ditempatkan di Kota Malang dan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Khusus untuk Solo, pemberangkatan dengan kereta dilakukan dua kali, yaitu pada Sabtu petang (23/6) dan Minggu (24/6).

Di samping kereta, PT Jasa Raharja juga menyediakan 70 bis pariwisata untuk mengembalikan sekitar 3000 pemudik dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali ke Terminal Bis Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    joss.co.id