Fantastis! Upacara Penobatan Raja Charles III Telan Biaya Rp1,8 Triliun

penobatan Raja Charles III
Raja Charles III (Alastair Grant /Getty Images)
Mari berbagi

JoSS, LONDON – Rangkaian upacara penobatan Raja Charles III sebagai raja baru bagi rakyat Inggris menggantikan mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, dikabarkan menelan biaya fantastis yakni mencapai 113 juta euro atau Rp 1,8 triliun.

Hal itu cukup menyita perhatian public pasalnya Inggris tengah mengalami krisis biaya hidup menyusul lonjakan inflasi.

Meski Charles telah resmi menjadi raja namun Keluarga Kerajaan Inggris tetap menggelar upacara penobatannya yang megah dan berbiaya mahal pada Sabtu (6/5/2023) mendatang.

Seperti yang dilaporkan oleh Associated Press pada Rabu (3/5), kemegahan, kerumitan, dan simbolisme tradisi yang sudah berlangsung selama lebih dari 1.000 tahun akan menjadi saksi pelantikan raja baru ini. Akan tetapi, penobatan raja ini akan menampilkan tradisi baru dan perubahan dari penobatan ibunya, Ratu Elizabeth II, 70 tahun lalu.

Raja Charles III dilaporkan akan menggelar upacara penobatan dirinya dengan biaya yang lebih murah. Namun kenyataannya biaya tersebut jauh lebih besar dibandingkan biaya penobatan Ratu Elizabeth II

Seperti diketahui, Inggris akan menggelar upacara penobatan Raja Charles III yang akan menjadi penobatan pertama di Kerajaan Inggris dalam lebih dari 70 tahun.

Seperti jubilee dan acara serupa lainnya, total biaya akan terungkap beberapa bulan bahkan bertahun-tahun setelah acara.

Dikutip dari Euro News, Kamis (4/5/2023) penyelenggara upacara memperkirakan penobatan Raja Charles III akan menelan biaya sekitar 113 juta euro atau Rp 1,8 triliun.

Tidak seperti acara pernikahan yang dibayar oleh Keluarga Kerajaan, penobatan merupakan salah satu acara kenegaraan di Inggris sehingga besaran biaya akan ditanggung dari pajak yang dibayar masyarakatnya.

Sebagian besar pengeluaran Keluarga Kerajaan Inggris ditanggung oleh pembayaran pajak tahunan yang dikenal sebagai Sovereign Grant.

Pendanaan untuk Sovereign Grant berasal dari persentase keuntungan pengumpulan pendapatan Crown Estate atas tanah dan kepemilikan, yang dimiliki oleh monarki selama masa pemerintahan mereka tetapi dikendalikan secara independen oleh sebuah dewan.

Pada tahun 2022, pajak Sovereign Grant ditetapkan setara dengan 97 juta euro atau kira-kira 1,50 euro untuk setiap orang di Inggris. Sebagian besar pembayaran digunakan untuk pemeliharaan properti, biaya penggajian, pengeluaran perjalanan, dan acara resmi.

Untuk mendiang Ratu Elizabeth II, penobatannya menelan biaya sekitar 1,5 juta poundsterling atau Rp. 27,7 miliar.

Penobatan Ratu Elizabeth II dilaksanakan pada tahun 1953. Biaya penobatan tersebut setara dengan 56 juta euro saat ini. Namun, upacara penobatan Raja Charles III juga menuai pro dan kontra.

Hal itu dikarenakan Inggris yang masih dihadapi krisis biaya hidup dengan melonjaknya harga pangan dan energi.

Menurut jajak pendapat YouGov baru-baru ini, 51 persen warga Inggris berpendapat bahwa acara penobatan seharusnya tidak didanai oleh pembayar pajak.

Sementara itu, acara penobatan Raja Charles III kabarnya akan berlangsung lebih singkat dari yang dilalui mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, berlangsung selama 90 menit atau 2 jam.

Charles juga mengundang lebih sedikit orang: sekitar 2.200 pejabat tinggi dan pemimpin dunia akan hadir dibandingkan dengan lebih dari 8.200 tamu yang menghadiri upacara penobatan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*