Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang Resmi Bukan Lagi Bandara Internasional

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang
Dokumentasi Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang
Mari berbagi

BANDARA Jenderal Ahmad Yani Semarang resmi tidak lagi berstatus sebagai bandara internasional. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Indonesia nomor 31 tahun 2024 tentang Penetapan Bandar Udara Internasional, yang dikeluarkan pada tanggal 2 April 2024.

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang memiliki sejarah yang panjang. Pada tahun 1955, bandara ini awalnya merupakan pangkalan udara milik TNI Angkatan Darat.

Kemudian, pada tahun yang sama, Perwakilan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dibentuk sebagai realisasi perubahan status Pelabuhan Udara Kalibanteng. Seiring dengan perubahan ini, trafik penerbangan sipil pun meningkat.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pengelolaan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang diserahkan kepada PT Angkasa Pura I (Persero) pada tanggal 1 Oktober 1995.

Dalam perkembangannya, terminal bandara Jenderal Ahmad Yani dipindahkan ke seberang terminal lama, dengan mengusung konsep “floating airport” yang ramah lingkungan.

Pembangunan terminal baru ini memiliki nilai investasi mencapai Rp 2 triliun, menjadikannya bandara pertama di Indonesia yang dibangun di atas air.

Terminal baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mampu menampung 6,9 juta penumpang per tahun, dengan luas mencapai 58.652 meter persegi.

Fasilitas yang tersedia di terminal baru ini antara lain apron baru yang dapat menampung 12 pesawat, 30 konter check-in, 8 eskalator, 8 elevator, serta 3 garbarata.

Bandara baru Jenderal Ahmad Yani Semarang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 7 Juni 2018.

Selain itu, bandara ini juga menjadi yang pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat SMK3 tingkat lanjutan dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, atas upayanya dalam meminimalkan risiko dan mengurangi tingkat kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja.

Pada tanggal 26 Juni 2018, Bandara Ahmad Yani Semarang disempurnakan namanya menjadi Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, di tengah momentum selesainya pembangunan terminal baru.(RJ)

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Semarang Kaji Pembukaan Kembali Penerbangan Langsung Internasional

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*