Dukung Gerakan Revolusi Mental, Unwahas Teken Kontrak Hibah Dengan Kemenko PMK

Dukung Gerakan Revolusi Mental, Unwahas Teken Kontrak Hibah Dengan Kemenko PMK
Rektor Universitas Wahid Hasyim Prof. Dr. KH Mudzakkir Ali, MA resmi menandatangani kontrak hibah program GNRM dan disaksikan langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendi serta Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Prof. Panut Mulyono. (foto:unwahas.ac.id)
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Universitas Wahid Hasyim sebagai salah satu PTS turut hadir dalam menyemarakan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2022 dengan turut serta menandatangani kontrak hibah GNRM antara Kemenko PMK dengan 35 perguruan tinggi di Indonesia pada Kamis (21/7/2022) di The Grove Suite Hotel Jakarta.

Revolusi Mental merupakan Gerakan untuk mengubah cara pandang, cara pikir, sikap, perilaku, dan cara kerja bangsa Indonesia, yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, gotong royong, yang berlandaskan Pancasila sehingga bangsa Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Dalam kegiatan tersebut, Rektor Universitas Wahid Hasyim Prof. Dr. KH Mudzakkir Ali, MA resmi menandatangani kontrak hibah program GNRM dan disaksikan langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendi serta Ketua Forum Rektor Infonesia (FRI) Prof. Panut Mulyono.

Prof. Dr. KH Mudzakkir Ali, MA menjelaskan jika Universitas Wahid Hasyim memilih program penghijauan Kampus sebagai upaya untuk menjadi modal meningkatkan mental yang baik.

“Penghijauan Kampus merupakan bagian revolusi mental dalam kontek alam, bagian untuk mensyukuri alam yang subur supaya tidak kekeringan,” jelasnya, dilansir dari unwahas.ac.id.

Rektor Universitas Wahid Hasyim menyebut jika gerakan revolusi mental dapat menyangkut banyak hal dalam membangun komitmen positif diantaranya mental disiplin dan mental baik lainnya yang perlu dibangun di lingkungan Universitas.

Sementara itu Rossi Prabowo, S.Si., M.Si., Ketua pelaksana program hibah GNRM Universitas Wahid Hasyim menyebutkan jika kegiatan GNRM ini mengambil konsep Green Campus. Harapannya bukan hanya sekedar lingkungan yang terdapat banyak pohon akan tetapi kolaborasi antara infrastruktur, pengelolaan lingkungan yang baik dan sehat, serta sumber daya manusia yang berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

 “Melalui konsep Green Campus, maka nilai-nilai integritas, etos kerja, gotong royong, dan budi pekerti dalam pembelajaran akan terwujud secara komprehensif. Kegiatan penanaman tanaman di lingkungan kampus dan masyarakat sekitar diharapkan bisa menciptakan wawasan  lingkungan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan yang akan berlangsung dari bulan Juli hingga Oktober 2022 mendatang tersebut, diharapkan dapat terbentuk aksi nyata GNRM di Universitas Wahid Hasyim sebagai pusat perubahan dan mampu menjadi model Gerakan Nasional Revolusi Mental yang bisa diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran atau pun melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kemudian juga terciptanya Konsep Pentahelix Perguruan Tinggi, dimana diharapkan terbangun kerja sama multipihak (pentahelix) yang saling mendukung antara lain  pihak pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat dan media. Serta mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran dengan suasana yang nyaman, bersih dan sehat. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*