Haerudin: Indeks Toleransi di Jateng Tinggi Namun Masih Harus Terus Diperjuangkan

Indeks Toleransi di Jateng Tinggi Namun Masih Harus Terus Diperjuangkan
Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Undip Turtiantoro, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin dan Anggota komisi A DPRD Jateng Stefanus Sukirno, dalam dialog “Prime Topic: Revitalisasi Paham Kebangsaan Generasi Milenial” disiarkan melalui radio Trijaya FM di ruang pertemuan Noormans Hotel, Semarang, Kamis (28/04/2022).
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin menyatakan hasil survei menunjukkan rasa toleransi dan kebangsaan masih cukup tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Untuk itu pengenalan wawasan kebangsaan harus menjadi konsumsi harian.

Dia menambahkan indeks toleransi di Jawa Tengah mencapai 72, lebih tinggi dibandingkan dengan Jabar dan Jatim. Meski demikian harus terus diperjuangkan.

“Seberapa penting milenial menerapkan wawasan kebangsaan. Jateng masih bagus. indeks bela negara Semarang tertinggi. Untuk indeks toleransi di Jateng masih 72, sekian. Masih lebih tinggi dari Jabar dan Jatim, ” kata Haerudin saat menjadi narasumber dalam dialog “Prime Topic: Revitalisasi Paham Kebangsaan Generasi Milenial” disiarkan melalui radio Trijaya FM di ruang pertemuan Noormans Hotel, Semarang, Kamis (28/04/2022).

Pembicara lain dalam acara tersebut yakni anggota komisi A DPRD Jateng Stefanus Sukirno dan akademisi Undip Turtiantoro.

Haerudin menambahkan pihaknya masih terus melakukan tugas untuk memantapkan cara pandang dan pemahaman kebangsaan bagi generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam peningkatan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga akan dapat mengurangi potensi konflik dan meredam berkembangnya paham-paham negatif pada masyarakat serta dapat melahirkan kader-kader yang mempunyai bekal pemahaman kebangsaan.

“Kondisi wawasan kebangsaan kita masih harus terus diperjuangkan, apalagi di era teknologi digital yang sangat efektif untuk memberikan pemahaman wawasan kebangsaan. Mari kita manfaatkan digital untuk positif, terutama magna kebangsaan, bukan untuk disalahgunakan. Misalnya, menyebar ujaran kebencian itu harus dihindari,” ujar Haerudin.

Menurutnya, generasi muda merupakan ujung tombak yang nantinya akan menjadi penopang dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa yang akan terus dikembangkan dalam kehidupan masyarakat di lingkungannya.

Para generasi muda, lanjutnya, harus mampu merevitalisasi kebangsaan. Sebab, kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi telah memberikan pengaruh pada rasa kebangsaan atau nasionalisme di kalangan milenial.

Baca Juga: Pemprov Jateng Berharap HIMNI Dapat menjadi Partner Kerja Pemerintah dan Agen Persatuan Bangsa

Sementara itu anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah Stephanus Sukirno mengatakan, bahwa bangsa Indonesia sebelum tahun 1970 an telah menyadari rasa kebangsaan. Namun, kata ST Sukirno, saat itu kesadaran kebangsaan masyarakat masih pada pemahaman wilayah yang sempit.

Dia menambahkan degradasi kecintaan Tanah Air terhadap bangsa sendiri banyak dialami kalangan generasi milenial. Kuatnya pengaruh arus media sosial begitu cepat, hingga bisa mengurangi rasa kebangsaan bernegara.

Doktrin intoleran dan pengaruh pemikiran transnasional membuat kekhawatiran akan adanya perpecahan. Untuk itu menjadi tanggung jawab bersama pemerintah bersama instansi terkait dengan masyarakat sebagai pencegahan.

“Media sosial dan teknologi daring bagai pisau bermata dua, selain bisa sebagai sarana pembelajaran akan tetapi bisa menjadi alat doktrin paham radikalis. Semestinya nilai-nilai wawasan kebangsaan seperti pemahaman pancasila bisa menjadi tameng utama, namun karena derasnya arus budaya asing malah membuat orang enggan mempelajari lebih dalam,” kata politikus PDIP, itu.

Sedangkan dosen FISIP Undip, Turtiantoro mengatakan, bahwa wawasan itu menyangkut pola pikir. Maka pola pikir bangsa harus sama, walau pada kenyataannya berbeda, tetapi harus memahami kerangka berpikir.

“Jika membuat generasi milenial ingin meningkatkan rasa nasionalis tinggi maka kemas pengenalan wawasan kebangsaan menjadi menarik. Kemas secara kreatif agar bisa mengubah pola pikir bahwa Indonesia punya sejarah panjang dalam memperjuangkan negara, karena keberagaman pulalah membuat rasa toleransi yang tinggi dan harus dijaga bersama-sama,” jelas dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik itu. (lna)

Baca juga: Kesbangpol Jateng: Media Berperan Strategis Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*