Optimalkan Hasil Tembakau Temanggung, BMKG Tingkatkan Pengetahuan Iklim Bagi Petani Lewat SLI

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan pembekalan peningkatan kemampuan pengetahuan soal iklm bagi petani tembakau di Temanggung melalui Sekolah Lapang Iklim (SLI), Senin (22/11/2021). (Foto: bmkg)
Mari berbagi

JoSS, TEMANGGUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan pembekalan peningkatan kemampuan pengetahuan soal iklm bagi petani tembakau di Temanggung melalui Sekolah Lapang Iklim (SLI), Senin (22/11/2021).

SLI merupakan salah satu upaya BMKG  dalam meningkatkan literasi iklim dan diseminasi informasi iklim untuk pertanian, sesuai Intruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2011, yaitu Pengamanan Produksi Beras Nasional Dalam Menghadapi Kondisi iklim Ekstrim. Selain itu SLI juga sejalan dengan program Nawacita Pemerintah, yaitu program Nawacita ke Tujuh mewujudkan Kemandirian Ekonomi.

Dalam kegiatan SLI, BMKG mengharapkan kemandirian dari Pihak Pemerintah Daerah dan Swasta untuk bisa melaksanakan kegiatan sekolah lapang iklim guna mendukung kegiatan pertanian di lingkungan masing-masing.

Kegiatan SLI Tematik Komoditas Tanaman Tembakau sendiri dilaksanakan di Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung pada Senin (22/11/2021), dan diikuti oleh Peserta sejumlah 30 orang yang terdiri dari petani Andalan sebanyak 28 orang dan penyuluh Pertanian Lapangan sebanyak dua orang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga menjelaskan bahwa cuaca dan iklim sangatlah penting bagi petani.

“Petani tembakau, bagus dan tidaknya hasil panen, itu kan tergantung dengan kondisi cuaca dan iklim. Sedangkan, kendalanya adalah, saat ini pemanasan global membuat perunbahan iklim dan cuaca semakin tidak menentu, ini akan menyulitkan,” kata Dwikorita.

Oleh karena itu, dengan adanya SLI maka petani akan dibekali berbagai pengetahuan dasar mengenai membaca cuaca, bahkan untuk skala kecamatan masing-masing, prediksi cuaca dapat diketahui melalui aplikasi telepon genggam pada ponsel pintar.

Baca juga: BMKG Sleman Ingatkan Potensi Hujan Lebat Sepekan Ke Depan, Waspadai Banjir dan Longsor

“Teknologi info BMKG sudah maju, bahkan petani bisa mengetahui nantinya kondisi cuaca hingga tingkat kecamatan masing-masing. Dengan adanya SLI, bertujuan untuk mengarahkan petani hingga dapat memahami perubahan kondisi cuaca yang mampu meningkatkan hasil panen,” jelas Dwikorita.

Sekolah Lapang Iklim ini melibatkan secara penuh para penyuluh pertanian sebagai mediator/interface antara informasi iklim dan petani. Hingga tahun 2020, secara nasional SLI telah menjangkau lebih dari 13.850 peserta dari penyuluh pertanian, pemerintah daerah, babinsa dan petani di 33 provinsi.

Materi yang disajikan adalah tata cara pengamatan curah hujan dan pembuatan pengukur curah hujan sederhana, kedua, pemahaman info iklim dan musim dan yang terakhir adalah pengenalan cuaca, iklim dan proses pembentukan awan dan hujan .

Senada dengan tujuan BMKG, Bupati Temanggung M. Al Khadziq mengapresiasi kolaborasi dengan BMKG untuk meningkatkan hasil petani tembakau Temanggung.

Diamenjelaskan bahwa dengan berbagai materi dan praktikum yang diberikan, serta dilaksanakan test membuat para petani lebih memahami dan belajar tentang cuaca serta iklim beserta pengaruhnya bagi pertanian, khususnya tembakau.

“Setelah kegiatan SLI Tematik ini selesai, para petani bisa mempraktekkan dalam kegiatan pertanian komoditas tanaman tembakau di lingkungan dan kelompoknya, serta selalu memanfaatkan informasi iklim dan musim dalam menunjang pola tanam,” kata Al Khadziq. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*