BMKG Sleman Ingatkan Potensi Hujan Lebat Sepekan Ke Depan, Waspadai Banjir dan Longsor

Ilustrasi awan mendung (Foto: net)
Mari berbagi

JoSS, SLEMAN – Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Reni Kraningtyas, menjelaskan wilayah Sleman, Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul terdampak hujan lebat pada Kamis dan Jumat (11-12/11/2021).

“Sejumlah dampak diantaranya jalanan basah, licin atau jarak pandang berkurang, terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil, terjadi genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala kecil, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala kecil, banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman,” ujarnya, baru-baru ini.

Dilansir dari harianjogja.com, Dia menambahkan kondisi cuaca dalam sepekan kedepan, pada 12-18 November akan didominasi dengan potensi hujan berintensitas lebat. Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai petir dan hujan es, serta dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Tetap tenang dan waspada, bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan,” katanya.

Tingginya intensitas hujan menyebabkan bencana longsor di Kapanewon Prambanan, Sleman, beberapa hari lalu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman pun memetakan sejumlah wilayah lainnya yang berpotensi longsor, salah satunya Godean.

Baca juga: Sleman Bentuk Forum Geoheritage Untuk Menyusun Payung Hukum Kawasan Wisata Alam

Kepala Seksi Mitigasi Bencana BPBD Sleman, Joko Lelono, menjelaskan kawasan perbukitan di Godean berpotensi longsor. “Di perumahan di bukit itu, desanya Sidorejo dan Margodadi, satu masuk Seyegan, satu masuk Godean. Itu potensi longsor,” ujarnya, Jumat (12/11/2021).

Ancaman tersebut muncul karena wilayah perbukitan itu sudah dibuka dan dibuat perumahan. “Apabila terjadi hujan lebat di sana itu, tanahnya jadi ngemu banyu [menyimpan banyak air] intinya, itu nanti kalau dia sudah cukup jenuh itu biasanya terjadi longsoran,” katanya.

Selain itu, wilayah yang berpotensi longsor adalah alur sungai sepanjang lereng Gunung Merapi. Tebing sungai tinggi yang diguyut hujan cukup deras bisa longsor.

“Di Kali Gendol bagian atas dan Kali Boyong. Tapi ancaman ke permukiman warga tidak ada karena longsoran masuk ke sungaim” kata dia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*