Mengenal Ivermectin Obat Yang Diklaim Ampuh Kalahkan Covid-19

Ilustrasi
Mari berbagi

BELUM lama ini Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko memberikan tes antigen gratis sekaligus obat Ivermectin yang diklaim ‘obat yang mengalahkan COVID-19’ di Kota Semarang.

Lalu, apa itu Ivermectin? Iskandar Purnomo Hadi Direktur Komunikasi PT Harsen Laboratories mengatakan Ivermectin sudah mendapatkan izin BPOM sebagai obat antiparasit yang bisa menyembuhkan penyakit cacingan. Untuk izin mengobati penyakit COVID-19 menurutnya sedang berproses.

Masih uji klinis di Balitbangkes

“Baru sekitar 2 bulan lalu kita mendapat izin dari BPOM untuk obat anti parasit. Tapi maksudnya sebenarnya obat ini bisa untuk menyembuhkan dan mencegah COVID-19 tapi dari BPOM untuk mengeluarkan ini obat covid sedang diproses,” kata Iskandar.

Uji klinis untuk obat tersebut sebagai obat COVID-19, lanjut Iskandar, sudah dilakukan sejak pekan lalu dan didanai oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

“Sudah dilakukan sejak minggu lalu didanai Balitbang kesehatan Kemenkes, partisipasi 8 rumah sakit,” ujarnya.

Meski proses sedang berjalan, Iskandar menyebut sudah ada bukti di beberapa negara yang menggunakan obat Ivermectin salah satunya India. Menurutnya angka kasus corona di India menurun setelah obat tersebut dibagikan.

“Kita kalau untuk hasil sebetulnya banyak, kita sudah pernah India kita kirim, di India sudah terbukti, sudah banyak yang sembuh hasil dari obat ini,” katanya, dilansir dari detikhealth.com.

Ia menjelaskan obat Ivermectin belum bisa ditemukan di sembarang apotek karena masih fokus untuk diberikan sebagai bantuan. Namun ia menegaskan harganya jauh lebih murah dari obat lain.

Baca juga: Pakar Farmasi UGM Paparkan Bahaya Lianhua Qingwen Capsules Yang Diklaim Sebagai Obat Covid-19

“Kalau dibandingkan dengan obat COVID-19 lain sekarang harganya 1 tablet ratusan ribu sedangkan ini 1 tablet Rp 20 ribu. Makanya kita ingin bagikan ke masyarakat karena menurut kita dan semua orang yang sudah menggunakan obat ini sangat efektif dan dapat mencegah,” terangnya.

Sofia Koswara, Vice President PT Harsen Laboratories dalam keterangan tertulisnya mengatakan, hanya tiga pekan setelah menambahkan Ivermectin di New Delhi, kasus terinfeksi yang memuncak 28.395 orang pada 20 April lalu turun secara drastis menjadi 6.430 orang pada 15 Mei. Kematian juga turun sekitar 25 persen pada bulan yang sama.

BPOM mengaku obat Ivermectin memang memiliki potensi antiviral dalam uji in-vitro di laboratorium. Namun, tetap membutuhkan studi lebih lanjut terkait efektivitas, keamanan, hingga khasiatnya.

Terlebih, obat Ivermectin ditegaskan BPOM merupakan obat keras. Perlu resep dokter untuk menggunakan obat Ivermectin.

Adapun penggunaan khusus untuk COVID-19, penelitian terkait tengah berlangsung di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI. Ada sejumlah RS yang disebut BPOM terlibat dalam penelitian tersebut.

Selain itu, Ivermectin juga memiliki efek samping, berikut catatan efek samping Ivermectin menurut BPOM: Nyeri otot, Nyeri sendi, Ruam kulit, Demam, Pusing, Sembelit, Diare,  Mengantuk dan Sindrom Stevens-Johnson.

“Badan POM RI terus memantau pelaksanaan dan menindaklanjuti hasil penelitian serta melakukan update informasi terkait penggunaan obat Ivermectin untuk pengobatan COVID-19 melalui komunikasi dengan World Health Organization (WHO) dan Badan Otoritas Obat negara lain,” jelas BPOM dalam rilis resminya, dikutip Kamis (10/6/2021).

“Untuk kehati-hatian, Badan POM RI meminta kepada masyarakat agar tidak membeli obat Ivermectin secara bebas tanpa resep dokter, termasuk membeli melalui platform online. Untuk penjualan obat Ivermectin termasuk melalui online tanpa ada resep dokter dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pesan BPOM. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*