Jurnalis Peliput Olimpiade Tokyo Bakal Dibatasi, Pergerakannya Dipantau Dengan GPS

Foto: olympics.com
Mari berbagi

JoSS, TOKYO – Pemerintah Jepang berencana membatasi ruang gerak jurnalis yang ditugaskan meliput penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo. Pembatasan dilakukan dengan menggunakan teknologi berbasis global positioning system (GPS).

Ketua Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo Hashimoto Seiko mengatakan jurnalis meliput ajang tersebut akan dipantau selama dua pekan dengan menggunakan GPS dan lainnya. Demikian diberitakan Nippon Hoso Kyokai/NHK, Rabu (9/6/2021).

Hashimoto mengatakan hal itu dalam rapat komite penyelenggara pada Selasa (8/6/2021). Dia mengatakan sebanyak 78.000 orang, termasuk pejabat Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan media asing diperkirakan datang ke Jepang untuk menyaksikan ajang tersebut.

Hashimoto mengatakan pemantauan yang ketat bertujuan mencegah para jurnalis keluar dari area yang telah ditentukan. Upaya tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Negeri Sakura.

Hashimoto mengatakan wartawan yang mengunjungi Jepang hanya akan diizinkan memilih hotel yang telah ditentukan. Mereka akan dilarang tinggal di penginapan pribadi atau rumah temannya. Dia menambahkan jumlah fasilitas penginapan yang ditentukan bagi wartawan dari luar negeri akan dikurangi dari 350 menjadi sekitar 150 penginapan.

Dilansir dari bisnis.com, Komite Penyelenggara Tokyo berencana mendirikan pusat keamanan bagi masing-masing 48 tempat ajang, termasuk kampung atlet. Sekitar 8.000 kamera keamanan dan 2.500 sensor akan dipasang di dalam dan sekitar tempat-tempat itu.

Uji coba tersebut dilakukan di salah satu tempat di Tokyo, Senin (07/06/2021), berdasarkan asumsi bahwa seseorang yang mencurigakan melakukan pelanggaran keamanan dengan memanjat pagar.

Penggunaan GPS untuk membatasi ruang gerak jurnalis didukung dengan penggunaan sistem pemantau keamanan yang sudah diujicoba beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jepang Antisipasi Aksi Terorisme di Olimpiade, Usai 170 Data Pribadi Manajemen Keamanan Bocor

Ketika sensor yang dipasang di pagar terpicu, orang-orang yang ikut serta dalam uji coba tersebut mengonfirmasi keberadaan sosok orang yang mencurigakan menggunakan kamera terdekat.

Seseorang di pusat itu menghubungi kepolisian untuk mendapatkan bantuan dan petugas keamanan dikerahkan ke tempat itu guna menahan sosok mencurigakan tersebut.

Sementara itu, Menteri Olimpiade Jepang Tamayo Marukawa menyatakan negaranya tengah mempertimbangkan untuk memvaksinasi sekitar 70.000 sukarelawan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo.

Menurutnya, para pejabat sudah setuju untuk memvaksinasi semua sukarelawan yang terdaftar melalui panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo yang membantu di venue dan kampung atlet.

Rencana tersebut disampaikan saat Jepang masih tertinggal dari negara maju lainnya dalam hal vaksinasi, dan sebagian besar orang di negara tersebut belum divaksinasi, dengan waktu kurang dari 50 hari menjelang pembukaan Olimpiade.

“Kami ingin mempertimbangkan secara menyeluruh, bersama pejabat lain terkait, mengenai apa saja yang dapat dilakukan untuk mewujudkan Olimpiade yang aman dan terjamin,” kata Marukawa sambil menekankan bahwa relawan yang divaksinasi tidak boleh menghalangi vaksinasi publik Jepang.

Pekan lalu, CEO panitia penyelenggara Toshiro Muto mengatakan sekira 10.000 dari 80.000 orang yang direncanakan menjadi sukarelawan di Olimpiade telah mengundurkan diri dengan alasan kekhawatiran akan virus Corona.

Sementara itu, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengungkapkan raksasa farmasi AS Pfizer Inc. akan memberikan vaksin secara gratis kepada delegasi yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo. Jepang berencana menerima dosis vaksin Pfizer untuk sekitar 20.000 orang, termasuk staf pendukung dan ofisial yang diperkirakan akan melakukan kontak dekat dengan para atlet. Vaksinasi untuk atlet Jepang telah dimulai pada 1 Juni. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*