Inggris Ingatkan Orang Dengan Riwayat Alergi Jangan Gunakan Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNtech

Seorang perawat menyiapkan suntikan vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di Guy's Hospital di London, Selasa, 8 Desember 2020 | Foto: theeagle.com
Mari berbagi

JoSS, LONDON – Layanan Kesehatan Nasional Inggris menyatakan orang dengan riwayat alergi tidak diperbolehkan menerima vaksin Covid-19 dari Pfizer Inc. dan BioNTech, setelah dua orang mengalami reaksi parah dari suntikan tersebut pada hari pertama.

Pada Rabu (9/12/2020), Inggris menjadi negara barat pertama yang memulai program vaksinasi Covid-19 menyusul persetujuan suntikan oleh Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan.

“Seperti umumnya dengan vaksin baru, MHRA telah menyarankan dengan dasar pencegahan bahwa orang dengan riwayat reaksi alergi yang signifikan tidak menerima vaksinasi ini,” kata Stephen Powis, Direktur Medis Nasional untuk NHS di Inggris, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Bloomberg Rabu (9/12/2020).

Kepala Eksekutif MHRA June Raine mengatakan timnya telah melihat dua laporan kasus reaksi alergi pada Selasa.

“Kami tahu dari uji klinis yang sangat ekstensif bahwa ini bukanlah fitur, bahwa jika kami perlu memperkuat saran kami sekarang karena kami telah memiliki pengalaman ini dalam populasi yang rentan, kami segera menyampaikan saran tersebut ke lapangan,”paparnya.

Pfizer dan BioNTech mengatakan mereka mendukung MHRA dalam penyelidikannya. Badan Inggris telah memperingatkan dalam informasi resepnya bahwa orang yang alergi terhadap bahan apa pun dalam vaksin tidak boleh meminumnya.

Sementara itu, Menurut Direktur Unit Penelitian Keamanan Obat Inggris Saad Shakir, reaksi anafilaktoid adalah reaksi alergi yang memiliki beberapa karakteristik anafilaksis tetapi tidak terlalu parah.

Anafilaksis dapat menyebabkan tenggorokan bengkak, kesulitan bernapas, dan kesulitan menelan, menurut American Academy of Allergy, Asthma & Immunology. Otoritas Inggris tidak menjelaskan gejala lebih lanjut.

Regulator Inggris pada awalnya menanggapi dengan mengatakan siapa pun dengan riwayat reaksi alergi yang signifikan terhadap vaksin, obat-obatan atau makanan tidak boleh disuntik vaksin Covid-19. Seorang penasihat kelompok itu kemudian menambahkan bahwa alergi makanan bukanlah sebuah risiko.

Pfizer telah mencoret orang-orang dengan riwayat reaksi merugikan yang signifikan terhadap vaksin atau bahan-bahan vaksin dari uji coba tahap akhir.

Baca juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Hampir Selesai, Begini Reaksi Tubuh Setelah Disuntik

Regulator AS diharapkan untuk mempertimbangkan otorisasi darurat vaksin Pfizer dalam waktu dekat setelah pertemuan para penasihat pada hari Kamis.

Moncef Slaoui, yang memelopori upaya pengembangan vaksin pemerintah AS, mengatakan pada Rabu bahwa dia mengharapkan reaksi alergi vaksin Covid-19 di Inggris akan dipertimbangkan dalam proses otorisasi AS. Dia juga bilang, orang dengan reaksi alergi parah yang diketahui mungkin tidak boleh menggunakan vaksin sampai lebih banyak hal terungkap terkait dengan hal ini.

Beberapa pihak memuji kehati-hatian regulator Inggris dan yang lain mengatakan pembatasan luas tidak dijamin oleh bukti yang tersedia. “Untuk populasi umum, ini tidak berarti bahwa mereka perlu khawatir menerima vaksinasi,” kata Stephen Evans, profesor farmakoepidemiologi di London School of Hygiene & Tropical Medicine.

Hal bijaksana yang bisa dilakukan, menurutnya, adalah bagi siapa saja yang telah mengetahui reaksi alergi parah sehingga mereka perlu membawa EpiPen untuk menunda vaksinasi sampai alasan reaksi alergi diklarifikasi.

Ahli virologi Mayo Clinic, Gregory Poland, yang telah menasihati regulator AS, mengatakan tanggapan pemerintah Inggris terlalu “berlebihan,” menunjuk pada tanggapan awal tentang alergi makanan, yang ia katakan tidak ada hubungannya dengan ini.

“Saya akan mengatakan, jika Anda memiliki reaksi tingkat anafilaksis terhadap vaksin, kami ingin mengetahuinya jadi kami lebih berhati-hati,” katanya. “Itu tidak berarti saya tidak akan mengimunisasi Anda. Tapi saya akan melakukannya dalam pengaturan yang lebih terkontrol,” imbuhnya seperti dilansir dari Kontan.id.

Mitchell Grayson, direktur divisi alergi dan imunologi di Rumah Sakit Anak Nationwide di Ohio, menyuarakan keprihatinan tentang bagaimana masalah ini dapat mengurangi minat pada vaksinasi. “Saya khawatir seluruh kejadian ini akan menyebabkan jutaan orang memilih untuk tidak divaksinasi karena apa yang mereka dengar,” katanya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*