Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip Meninggal Dunia

Foto: instagram.com/theroyalfamily
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, LONDON – Kabar duka datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Suami dari Ratu Elizabeth, Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun. Pada Maret lalu, Pangeran Philip sempat dirawat akibat infeksi dan menjalani bedah jantung.

Kabar itu disampaikan oleh Istana Kerajaan Inggris Buckingham, seperti dilansir Reuters, Jumat (9/4). “Dengan rasa sedih yang mendalam, Yang Mulia Ratu menyampaikan suami tercintanya, Yang Mulia Duke of Edinburgh Pangeran Philip meninggal dunia,” demikian isi pernyataan itu.

Menurut keterangan itu, Pangeran Philip mengembuskan napas terakhir di Kastil Windsor. “Pemberitahuan lanjutan akan menyusul. Keluarga Kerajaan Inggris sangat kehilangan,” lanjut isi pernyataan itu.

Sebagaimana diketahui, Pangeran Philip yang bergelar Prince of Edinburgh menjalani perawatan bedah jantung pada Maret lalu. Seorang saksi mata Reuters mengatakan dia meninggalkan rumah sakit pada Selasa (16/3/2021) pukul 10.30 waktu setempat, setelah menjalani perawatan selama empat pekan akibat infeksi dan harus menjalani bedah jantung.

Dilansir dari CNNIndonesia, Pangeran Philip yang berusia 99 tahun dirawat di Rumah Sakit King Edward VII pada 16 Februari setelah merasa tak enak badan. Selama dirawat ia hanya dikunjungi oleh putra dan pewaris tahta Pangeran Charles. Sementara Ratu Elizabeth tetap berada di Kastil Windsor, di sebelah barat.

Baca juga: Gusti Hadi, Adik Kandung Sri Sultan HB X Meninggal Karena Serangan Jantung

Tak lama, ia dipindah ke pusat spesialis jantung di rumah sakit London, untuk menjalani perawatan prosedur jantung.

Pangeran yang akan berusia 100 tahun pada Juni nanti itu telah mendapat sejumlah perawatan terkait kesehatannya. Beberapa tahun lalu, ia juga dirawat karena infeksi kandung kemihnya kambuh. Pangeran Philip juga pernah terlibat kecelakaan jalan raya beberapa waktu lalu saat mengemudikan mobil seorang diri.

Pada Desember 2011, ia sempat mengeluhkan nyeri dada hingga dibawa ke rumah sakit untuk menjalani operasi membersihkan arteri yang tersumbat di jantungnya.

Pangeran Philip yang berdarah Yunani menikah dengan Ratu Elizabeth pada 1947. Dia berperan penting dalam modernisasi Kerajaan Inggris usai Perang Dunia II. Selain itu, dia juga dinilai menjadi sosok yang dicintai di dalam istana

Selama Pangeran Philip dirawat, Kerajaan Inggris tersangkut dalam krisis setelah wawancara antara Oprah Winfrey dengan Meghan Markle dan Pangeran Harry.

Selama wawancara, Meghan mengatakan seorang anggota keluarga sempat mengkhawatirkan akan warna kulit anaknya, Archie Harrison. Kekhawatiran itu, memperlihatkan sikap rasialisme di dalam kerajaan Inggris.

Sementara itu Pangeran Harry menuturkan bahwa ayahnya, Charles, telah membuatnya kecewa dan menjebak dengan kehidupan di kerajaan.

Curhatan Harry dan Markle membuat Istana Buckingham bereaksi dengan menerbitkan pernyataan atas nama Ratu Elizabeth yang menyatakan sedih dengan kesulitan yang mereka lalui. Sementara kakak Harry, Pangeran William, menyebut bahwa keluarganya bukan keluarga rasis. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*