Arab Saudi Canangkan Penanaman 10 Miliar Pohon, Dimulai dari Kompleks Masjidil Haram

Ilustrasi area lounge di bawah pohon palem di tengah bukit pasir di "Oasis Riyadh", tempat peristirahatan mewah di gurun Thumamah di pinggiran ibu kota Saudi. (Foto: thearabweekly.com)
Mari berbagi

JoSS, ARAB SAUDI – Reboisasi besar-besaran akan dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi guna mengatasi perubahan iklim dan megurangi emisi karbon. Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) mengumumkan program pemerintah untuk menanam 10 miliar pohon.

“Saya bangga mengumumkan Saudi dan Inisiatif Hijau Timur Tengah,” kata Mohammed bin Salman, dikutip dari Middle East Eye, Senin, (29/3/2021).

MBS menjelaskan bahwa 10 miliar pohon akan ditanam di Arab Saudi dalam beberapa dekade mendatang. Selain itu mereka juga bekerja sama dengan negara-negara tetangga regional untuk menanam 40 miliar pohon lagi di Timur Tengah.

Riyadh mengklaim bahwa total penanaman 50 miliar pohon di Timur Tengah akan menjadi program reboisasi terbesar di dunia. Luas area yang bakal ditanami pohon total setara dua kali ukuran proyek penanaman Tembok Hijau Besar di wilayah Sahel Afrika Utara.

MBS mengatakan dengan program ini maka Arab Saudi akan mengurangi emisi karbon dengan menghasilkan 50 persen energinya dari sumber terbarukan pada tahun 2030.

Baca juga: Otoritas Arab Saudi Wajibkan Calon Jemaah Haji Divaksin Virus Corona

Inisiatif hijau baru merupakan bagian dari strategi Visi 2030 kerajaan untuk menjauh dari ketergantungan minyak dan untuk memodernisasi kerajaan.

Sebagaimana dilansir dari Tempo.co, awal tahun ini, MBS meluncurkan “The Line”, sebuah rencana ambisius untuk membangun kota ramah lingkungan baru dalam garis lurus sepanjang 170 km yang tidak akan memiliki mobil, jalan, atau emisi karbon.

Rencana tersebut dikritik di media sosial, dengan beberapa menggambarkannya sebagai “diimpikan dari film sci-fi,” sementara yang lain menyoroti bahwa suku-suku lokal di barat laut Arab Saudi digusur untuk memberi jalan bagi kota nol emisi karbon.

Program reboisasi tersebut telah dimulai dari kompleks Masjidil Haram.  Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci Arab Saudi, Abdulrahman Al-Sudais, mengatakan kebijakan ini bertujuan membuat kawasan itu lebih sejuk, mengurangi polusi, dan meningkatkan kualitas udara.

Nantinya ruang-ruang dan koridor kosong di halaman Masjidil Haram akan ditanami pohon. Harapannya program ini bisa mengubah halaman masjid menjadi ramah lingkungan lewat dekorasi dan peneduh yang sesuai dengan kondisi iklim Arab Saudi.

Program ini juga bertujuan untuk mengolah dan mendaur ulang air yang digunakan untuk wudhu dan menggunakannya untuk mengairi tanaman dan pohon, seperti dikutip dari Arab News, Senin, 29 Maret 2021.

Abdulrahman Al-Sudais mengatakan inisiatif tersebut sejalan dengan Visi Kerajaan 2030 yang berupaya meningkatkan tutupan vegetasi karena berdampak positif pada perbaikan lingkungan.

Ia menambahkan, program penanaman pohon di Masjidil Haram ini juga akan membantu mengurangi efek pemanasan global, mengurangi polusi udara, dan meningkatkan kualitas udara. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*