WHO Gagal Mengidentifikasi Sumber Virus Corona di Wuhan

Mari berbagi

JoSS, WUHAN – Tim Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang melaukan penelitian ke Wuhan China untuk mengungkap asal-usul virus corona baru gagal mengidentifikasi sumber pandemi yang telah melanda seluruh dunia.

Tetapi, tim WHO tersebut mengesampingkan teori konspirasi tentang kebocoran virus corona dari laboratorium Wuhan yang disebarkan oleh mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Para ahli percaya bahwa virus corona baru, yang telah menewaskan lebih dari 2,3 juta orang di seluruh dunia, berasal dari kelelawar dan bisa menular ke manusia melalui mamalia lain.

Ahli WHO Peter Ben Embarek mengatakan, mengidentifikasi jalur hewan masih dalam proses. Tapi, dia mengungkapkan, tidak ada kelelawar di daerah Wuhan mengurangi kemungkinan penularan langsung dari hewan ini.

Itu “kemungkinan besar” berasal dari spesies perantara, katanya, sebelum mendukung posisi China bahwa tidak ada bukti “wabah besar di Wuhan” sebelum Desember 2019 ketika kasus resmi pertama dicatat.

Liang Wannian, kepala misi gabungan dari China, menyebutkan, penularan virus corona melalui hewan tetap menjadi rute yang mungkin, tetapi “inang reservoir tetap harus diidentifikasi”.

“Penularan dari hewan kemungkinan memicu corona, tetapi sejauh ini inang perantara belum bisa diidentifikasi,” kata Liang Wannian, Selasa (9/2) seperti dikutip dari AFP.

Menurut dia, penelitian menunjukkan bahwa virus dapat dibawa dari jarak yang jauh dalam keadaan beku. Hal tersebut menyinggung teori di China bahwa virus corona berasal dari luar negeri.

Dia juga mengatakan “tidak ada indikasi” penyakit itu beredar di Wuhan sebelum mewabah pada Desember 2019.

Baca juga: Inggris Sebut Ada 4.000 Varian Virus Corona, Kemampuan Vaksin Ditingkatkan

WHO telah menyelesaikan penyelidikan mengenai asal usul virus corona selama satu bulan di Wuhan. Selama kunjungan, para tim bekerja dengan diawasi dengan ketat. Wartawan dilarang bertanya pada para ahli. Namun potongan temuan mereka menyebar melalui Twitter dan wawancara.

Sejak keluar dari karantina hotel selama 14 hari, para ahli WHO sudah mengunjungi sejumlah lokasi yang disebut muasal pandemi itu, termasuk pasar basah Huanan, tempat pertama kali orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Tim itu hanya menghabiskan waktu satu jam di pasar makanan laut tersebut. Mereka juga mendatangi Institut Virologi Wuhan dalam rangka menindaklanjuti teori kontroversial yang menyebut Wuhan menjadi sumber pandemi.

Sempat muncul dugaan Covid-19 menyebar karena ada kekeliruan penanganan yang dilakukan oleh peneliti di Institut Virologi Wuhan. Namun, China membantah tuduhan itu.

Menurut versi pemerintah China, virus corona sudah menyebar di luar negeri sebelum dilaporkan merebak di Wuhan. Menurut laporan media massa milik pemerintah, mereka mencurigai virus itu terkandung di dalam bahan makanan beku yang diimpor dari Eropa pada 2019.

Di lab itu, tim menghabiskan hampir empat jam dan bertemu dengan sejumlah ilmuwan China. Selebihnya, mereka berada di hotel, serta menerima kunjungan dari berbagai pejabat China.

WHO menyatakan misi yang dijalankan tim penyelidik itu adalah murni kegiatan ilmiah. Namun, di mata pemerintah China hal itu sarat dengan muatan politis.

Apalagi mantan Presiden AS, Donald Trump, sempat menuduh China yang menjadi biang pandemi Covid-19 karena menutupi wabah itu. Trump juga menuduh WHO seolah mendukung China dalam hal penanganan pandemi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*