Inggris Sebut Ada 4.000 Varian Virus Corona, Kemampuan Vaksin Ditingkatkan

Ilustrasi (Foto: net)
Mari berbagi

JoSS, LONDON – Pemerintah Inggris menyatakan saat ini ada sekitar 4.000 varian virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 di seluruh dunia. Hal itu membuat produsen vaksin termasuk Pfizer Inc., dan AstraZeneca Plc., berusaha meningkatkan kemampuan vaksin mereka.

“Semua produsen, Pfizer-BioNTech, Moderna, Oxford-AstraZeneca dan lainnya tengah mencari cara bagaimana meningkatkan vaksin untuk memastikan bahwa kami siap untuk varian apapun, yang saat ini ada sekitar 4.000 varian Covid-19 di seluruh dunia” ujar Menteri Penyebaran Vaksin Inggris, Nadhim Zahawi, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (4/2).

“Sangat kecil kemungkinan bahwa vaksin saat ini tidak akan efektif pada varian Kent atau yang lain, terutama pada penyakit parah dan (pasien) rawat inap,” tambahnya kepada Sky News.

Ribuan jenis virus corona telah terdokumentasi saat virus tersebut bermutasi. Termasuk varian Inggris, Afrika Selatan dan Brazil yang lebih cepat menular dan menyebar daripada varian jenis lain.

Menurut Jurnal Kedokteran Inggris, ribuan varian virus muncul ketika bermutasi saat replikasi. Hanya sebagian kecil dari varian virus yang mungkin menjadi penting dan mampu mengubah virus dengan cara yang cukup besar.

Sementara itu, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit  Amerika Serikat, dr. Rochelle Walensky, memperlihatkan bahwa mutasi  virus corona yang ditemukan di Inggris lebih mematikan daripada virus aslinya.

Baca juga: Cegah Penularan Varian Baru Covid-19, Filipina Perpanjang Larangan Wisatawan Asing Masuk

Meski ilmuwan di berbagai negara masih mempelajari varian baru corona itu, data penelitian awal menunjukkan bahwa mutasi virus yang dikenal B.1.1.7 itu mungkin lebih mematikan dari virus corona aslinya.

“Kami tahu bahwa beberapa varian virus telah meningkatkan tingkat penularannya, ada peningkatan data yang menunjukkan bahwa beberapa varian virus, varian B.1.1.7 sebenarnya mempengaruhi tingkat mortalitas. Dan juri masih belum bisa menjawab bagaimana vaksin bisa bekerja melawan varian ini,” ujar Walensky kepada MSNBC pada Rabu (3/2).

Dilansir dari CNNIndonesia, Walensky memaparkan masyarakat termasuk pemerintah harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terkait virus sebagai standar pengambilan keputusan dan kebijakan

Sepekan lalu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengatakan bahwa selain menular dengan cepat, varian baru mutasi corona Inggris mungkin lebih mematikan dibandingkan jenis sebelumnya.

Peneliti dari NERVTAG (New and Emerging Respiratory Virus Threats Advisory Group), Neil Ferguson mengatakan jika varian baru ini kemungkinan 30 persen lebih mematikan jika menginfeksi orang tua. Hal itu lantaran varian baru corona Inggris lebih mudah menular.

“Kemungkinan yang realistis bahwa varian baru corona bisa lebih mematikan, tetapi masih ada banyak ketidakpastian. kami melihat adanya relasi antara risiko kematian bagi orang yang dinyatakan positif terinfeksi varian baru dibandingkan dengan jenis lama,” ucap Ferguson seperti dikutip Reuters. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*