Titik Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan di Kedalaman 23 Meter  

Pantauan Udara Pesawat CN-295 yang menemulan tumpahan minyak di perairan Pulau Lancang | Foto: facebook TNI
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Panglima TNI Marsekal hadi Tjahjanto mengatakan Tim SAR gabungan telah menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Bangkai pesawat nahas itu berada di kedalaman 23 meter di bawah permukaan laut.

Hadi mengatakan pihaknya juga telah menerjunkan prajurit TNI AL untuk mengumpulkan puing-puing bagian pesawat tersebut. Tim bersiap melakukan upaya pengangkatan badan pesawat.

“Titik jatuhnya SJ 182 sudah kita temukan dan saat ini seluruh prajurit TNI yang ada di lokasi, khususnya adalah dari TNI AL, mendukung Basarnas untuk mengambil pecahan-pecahan, potongan-potongan dari pesawat SJ 182,” kata Hadi di Jakarta, Minggu (10/1).

Diketahui, pesawat Sriwijaya Air nomor register PK-CLC SJ 182 rute Jakarta–Pontianak hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Pesawat jenis Boeing 737-500 itu hilang kontak pada posisi 11 mil laut di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, setelah melewati ketinggian 11.000 kaki dan pada saat menambah ketinggian di 13.000 kaki.

Baca juga: Longsor Kembali Terjadi, Sebanyak 11 Warga Sumedang Meninggal Dunia

Pesawat tinggal landas dari Bandara Soekarno Hatta pukul 14.36 WIB. Keberangkatan itu mundur dari jadwal sebelumnya 13.35 WIB. Penundaan keberangkatan karena faktor cuaca.

Berdasarkan data manifes penerbangan, pesawat yang diproduksi tahun 1994 itu membawa 62 orang terdiri atas 50 penumpang dan 12 orang kru. Dari jumlah tersebut, terdapat 40 orang dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi. Sedangkan 12 kru terdiri atas enam kru aktif dan enam kru ekstra.

Hadi menyampaikan para penyelam hanya akan mengambil potongan pesawat yang kecil. Di saat yang sama, tim menyiapkan kapal yang dilengkapi penderek (crane) untuk mengangkat badan pesawat.

“Bagian-bagian yang besar akan kita datangkan kapal yang memiliki kemampuan crane untuk mengangkat bagian-bagian tersebut,” tutur Hadi.

Hadi juga mengonfirmasi Tim SAR gabungan telah berhasil menemukan sinyal kotak hitam atau black box. Penyelam akan diterjunkan mencari alat tersebut guna kepentingan investigasi.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama black box tersebut bisa kita angkat sehingga sebagai bahan KNKT untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta, telah menerima 7 kantong jenazah dan 21 sampel DNA terkait kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Baca juga: Dalam 10 Bulan Terakhir, 198 Kecelakaan Terjadi Di Perlintasan Sebidang KA

“Kami informasikan sampai saat ini tim telah menerima sampel DNA sebanyak 21 sampel, kemudian kantong jenazah sebanyak 7 kantong jenazah,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, di RS Polri, Jakarta, Minggu (10/1).

Rusdi menyebut terdapat 306 personel untuk mengidentifikasi jenazah korban pesawat jatuh tersebut. Mereka berasal dari Polri, TNI, Kemenkes, serta ikatan dokter ahli forensik.

Proses identifikasi jenazah insiden Sriwijaya SJ 182 akan dimulai esok hari. Rusdi berharap para keluarga bisa datang ke RS Polri untuk membantu proses identifikasi.

Rusdi meminta keluarga korban membawa berbagai dokumen, seperti ijazah dan kartu keluarga. Dokumen-dokumen itu penting untuk proses identifikasi jenazah.

“Kami juga memohon kepada keluarga korban dapat membantu DVI untuk melaksanakan tugasnya. Keluarga korban bisa datang ke tempat-tempat yang telah dipersiapkan untuk memberikan data kepada tim DVI,” ujarnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*