Suami Mantan Wagub Jateng Rustriningsih Meninggal Dunia, Dimakamkan di Karangduren Gombong

Kolase, Ir H Soni Achmad Saleh Ashari Noorjatno (57), suami dari mantan Wakil Gubernur Jawa tengah Hj Rustriningsih - Pemakaman Soni Achmad, suami Rustriningsih dilakukana oleh sukarelawan BPBD dan PMI Kebumen di Gombong, Kamis (14/1) pagi. (Foto: istimewa)
Mari berbagi

JoSS, GOMBONG – Kabar duka datang dari mantan Wakil Gubernur Jawa tengah Hj Rustriningsih. Sang Suami Ir H Soni Achmad Saleh Ashari Noorjatno (57) meninggal dunia Rabu (13/1/2021) pukul 21.15 WIB di Rumah Sakit Tugu Semarang. Jenazah dimakamkan di makam keluarga Karangduren, Gombong,  Kebumen, Kamis (14/1) pagi.

Pemakaman dilakukan oleh tenaga sukarelawan BPBD Kebumen dan PMI Kebumen. Jenazah tiba dari Semarang Kamis pagi, sempat disemayamkan sesaat di rumah duka Wisma Mega Jalan Veteran Kebumen, sebelum kemudian dimakamkan di makam keluarga orang tua Hj Rustriningsih yang juga mantan bupati Kebumen dua periode (1999-2008).

Kabar duka dari keluarga mantan Wakil Gubernur Jateng itu mulai tersebar sejak sekitar pukul 22.00 di tagar media sosial di Kebumen. Sang suami Rustriningsih dikabarkan meninggal dunia di RS Tugurejo Semarang, pada Rabu (13/1) malam Pukul 21.15.

Menurut salah satu kakak kandung Rustriningsih, H Rusminingsih, Soni Achmad selama ini menderita sakit gula dan kolesterol. Dari pernikahannya dengan Rustriningsih, pasangan ini memiliki tiga anak.

Sejak selesai mengemban amanah sebagai wakil gubernur, Rustriningsih dan suaminya lebih banyak tinggal di Semarang sembari mengasuh anak-anaknya yang sekolah.

Namun Rustri dan keluarga masih kerap mengadakan pengajian rutin, di kediamannya Wisma Mega Kebumen setiap satu bulan sekali. Jamaahnya pun semakin hari cukup banyak. Utamanya ibu-ibu dan kaum perempuan.

Baca juga: Mantan Menteri Kehakiman Prof Muladi Wafat, Rektor UNDIP: Kami Kehilangan Guru Besar Terbaik

Soni Achmad, aktivis Pemuda Muhammadiyah dan pengusaha nasional asal Sulawesi selatan menikah dengan Rustriningsih saat Rustri masih menjabat Bupati Kebumen periode pertama. Rustri mengakhiri masa lajangnya pada 13 Juni 2004. Pernikahannya cukup meriah dan dihadiri pejabat Pusat maupun pejabat daerah se Jateng.

Kala itu pernikahan Rustri dan pak Soni dilangsungkan di Masjid Agung Kauman, Kebumen, tepatnya hari Ahad (13/6-2004), berlangsung semarak. Selain keluarga, pernikahan dihadiri sejumlah tokoh penting, seperti Menteri Agama Said Agil Al Munawar dan Gubernur Jateng Mardiyanto yang datang sebagai saksi pernikahan. Tampak pula jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah Provinsi Jateng dan Kabupaten Kebumen.

Soni dikenal sebaga pria yang kalem namun hangat. Selama mendampingi Rustriningsih, Soni juga selalu hadir di setiap acara penting, meski awalnya harus mondar-mandir ke Jakarta. Semasa hidupnya, Soni juga memiliki perhatian pada sektor ekonomi kecil di daerah serta suka denga kuliner khas daerah dan sering makan malam di PKL Jalan Pemuda, Kebumen.

“Pak Soni orang baik dan berjiwa sosial tinggi. Pemakamannya tadi lancar. Saya dan teman mbak Rustri menunggui di pemakaman hingga famili dan taksiyah pergi dari makam pagi ini di Karangduren Gombong,” ucap Bambang Priyambodo, tokoh masyarakat di Gombong, seperti dilansir dari Suarabaru.id. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*