Kupat Tahu Pojok Magelang, Kuliner Kelangenan SBY dan Ani

Kolase Kupat Taju Pojok Magelang | Foto: arifsetiawan.com/tukangngider.com
Mari berbagi

MENU Kupat Tahu mendadak ramai diperbincangkan, gegara Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono memposting kegiatan awal tahunnya dengan memasak sendiri menu berbahan dasar kupat dan tahu tersebut.

Postingan SBY tersebut disukai 196 ribu akun, 19 ribu komentar dan dibagikan lebih dari 2.600 akun, termasuk pemilik restoran Kupat Taju Pojok Magelang, Sri Kuntarti.

Ya, seperti diketahui, SBY dan mendiang istrinya, Ani Yudhoyono kerap mengunjungi rumah makan yang berada di Jalan Tentara Pelajar Kios Nomor 14, Cacaban, Kota Magelang itu.

Kuliner kupat tahu memang menu yang mudah dijumpai hampir di seluruh daerah di Jawa. Sajian kupat tahu di kedai ini sama dengan kupat tahu pada umumnya, yang terdiri dari tahu, bakwan dan sayuran yang disiram kuah bumbu kacang. Namun yang membedakan rasa Kupat Tahu Pojok dengan kupat tahu yang lain adalah bumbunya yang otentik, karena dibuat dengan resep turun temurun.

Baca juga: Soto Kadipiro, Kuliner Legendaris Berusia Hampir Seabad

Sri Kuntarti, pemilik Kupat Tahu Pojok saat ini merupakan generasi ketiga pemilik Kupat Tahu Pojok. Kedai ini sudah ada sejak tahun 1942, namun awalnya berlokasi di alun-alun Magelang. Hingga kini, kedai Kupat Tahu Pojok masih eksis dan selalu ramai oleh pengunjung.

Tak hanya presiden, Kupat Tahu Pojok juga menjadi langganan sejumlah artis ternama, seperti Indro Warkop, Christine Hakim dan vokalis band Gigi Armand Maulana.

Rumah makan Kupat Tahu Pojok menjadi favorit pecinta kupat tahu di Magelang. Irisan ketupat, kecambah, kol, seledri, bakwan, tahu goreng, serta taburan bawang goreng yang kemudian disiram sambal kacang ono membuat orang-orang yang sudah pernah menikmatinya ingin mencobanya lagi.

Kupat tahu disantap bersama rempeyek kacang atau emping sebagai teman yang paling pas. Perpaduan gurih, manis, dan pedas dari Kupat Tahu Pojok banyak dicintai penikmatnya. Makanan manis gurih ini, akan terasa sangat nikmat dipadukan dengan minuman hangat ‘sekoteng’.

Baca juga: Tahu Pojok, Kuliner Legendaris di Magelang

Makanya tak heran jika, Kupat Tahu Pojok Magelang ini menjadi menu kelangenan SBY dan Ani. Dalam komentarnya, di akun Facebook Susilo Bambang Yudhoyono, Kuntarti mengatakan kupat tahu miliknya pernah beberapa kali dipesan ke Istana Negara pada saat peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus. Selian itu, SBY dan keluarga juga sering mampir jika kebetulan berada di Magelang.

“Pernah juga dipesan ke Istana Negara pada waktu peringatan 17 Agustus, tahun 1995, 1996, dan 1997. Alhamdulillah pengalaman yang tidak ada duanya. Kami sekeluarga mengucap syukur atas anugerah ini,” imbuh Kuntarti.

Kupat Tahu Pojok buka dari pukul 9.30 pagi hingga dagangan habis terjual. Setiap harinya Kupat Tahu Pojok hanya memproduksi 200 hingga 300 porsi.  “Kalau hari kerja biasanya habis 200 porsi, sedangkan kalau musim libur biasanya habis sekitar 300 porsi. Kita memang hanya produksi maksimal untuk 300 porsi, kalau sudah habis ya tutup. Tapi kalau musim liburan habisnya lebih cepet, sore sudah tutup biasanya” kata Haryati, adik pemilik Kupat Tahu Pojok Magelang. (Lina Kasih)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*