fbpx Press "Enter" to skip to content

Soto Kadipiro, Kuliner Legendaris Berusia Hampir Seabad

Rabu, 12 Juni 2019
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Di Jalan Wates No 33, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta ada warung soto bernuansa tempo dulu. Namanya Soto Kadipiro. Pernah coba? Siapa sangka warung dengan menu makanan berkuah ini usianya hampir seabad.

Soto Kadipiro memang termasuk legendaris di Jogja. Rumah makan ini didirikan oleh Karto Wijono pada 1921, usianya kini menginjak 98 tahun. Soto Kadipiro awalnya dijual dengan dipikul oleh Karto Wijoyo. Sekitar tahun 1928 baru menetap di daerah Kadipiro.

Sampai saat ini sudah generasi ketiga yakni ibu Sri Sundari (59). Dinamakan Soto Kadipiro karena mengambil nama tempat yakni Kadipiro. Konon, rahasia mengapa soto ini begitu diminati adalah rasanya yang gurih dan segar.

Kaldu ayam kampungnya pun khas, yang rupanya merupakan resep turun-temurun dan tak pernah diganti meski sudah nyaris 100 tahun. Soto Kadipiro menjadi legendaris karena mempertahankan citarasanya.

Baca juga: Kawasan Kuliner Unik di Jogja Yang Bikin Ketagihan

Di Kawasan Kadipiro ada banyak warung soto Kadipiro. Untuk membedakannya sebenarnya mudah. Warung Soto Kadipiro yang asli buka dari 07.30 – 14.00 atau seringkali sudah habis dipukul 13.00 WIB. Letaknya di sebelah timur SPBU Kadipiro. Jika dari arah Wirobrajan, Soto Kadipiro asli terletak di sebelah kanan jalan. Selain itu Soto Kadipiro tidak buka cabang.

Dari segi rasa Soto Kadipiro mempunyai ciri khas di ayam kampung dan kaldu sotonya. Kaldu soto menjadi lebih enak sesuai dengan jumlah ayam yang dipotong.

Dalam sehari jumlah ayam kampung yang dipotong dapat mancapai 150 ekor, khususnya hari Sabtu dan Minggu, untuk  hari Jumat sejumlah 123 ekor dan hari-hari biasa sejumlah 75-80.

Dalam menikmati Soto Kadipiro pengunjung dapat menambahkan lauk lain seperti ayam goreng, tahu, tempe bacem, sate telur puyuh, mendoan (Jumat Sabtu Minggu), peyek, emping besar, kerupuk, rambak, ati goreng juga ada. Adapula minuman khas yang biasa dicari pengunjung yakni limun sarsaparela.

Soto Kadipiro ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 sampai 13.30 atau sampai habis. Disarankan untuk datang lebih awal karena bisa kehabisan. Soto ini juga menjadi langganan Presiden Jokowi saat berkunjung ke Jogja. (lna)

Jadi yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

joss.co.id