Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Prof Sumaryanto Resmi Menjabat Rektor UNY

Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dilantik menjadi Rektor Universitas Negeri Yogyakarta periode 2021-2025. (Foto: dok. uny.ac.id)
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Fakultas Ilmu Keolahragaan patut berbangga, pasalnya, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode 2021-2025.

Pelantikan dilakukan secara virtual oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim Kamis, (28/1/2021) di Aula Ki Hajar Dewantoro, gedung Kemdikbud. Selain Rektor UNY, Nadiem juga melantik Direktur Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta, Supadma dan sembilan pejabat struktural di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud).

Menteri Nadiem dalam sambutanya mengatakan bahwa di era teknologi seperti sekarang tantangan di bidang pendidikan semakin sulit dan sebagai pendidik kita diharapkan mampu mencetak generasi yang unggul, kompeten, dan mampu cepat dalam merespon keadaan sosial masyarakat, ekonomi, serta budaya.

“Para pemangku kebijakan, pemimpin dan civitas academika di Perguruan Tinggi diharapkan bisa mempersiapkan generasi yang mampu untuk bisa mandiri salah satunya lewat kemampuan untuk berwirausaha, dan mempunyai kreativitas yang tinggi dalam menghadapi tantangan globalisasi,” ujar Nadiem.

Nadiem berharap agar para pejabat yang baru dilantik mampu mengemban tugas dengan baik dan sanggup mempertanggung jawabkan amanah yang diberikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bangsa, dan negara.

Kepada Rektor UNY yang baru, Nadiem berharap perguruan tinggi yang dipimpinnya mampu mencetak tenaga pendidik dan tenaga profesional yang bukan hanya mumpuni di bidang keilmuannya, namun juga mampu berperan sebagai suri tauladan serta fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai moral dan nilai-nilai budaya bangsa.

“Bagi yang nantinya menjalankan profesi sebagai pendidik atau menjalankan tugas profesional mereka di berbagai bidang lainnya, saya harap mampu memberikan pendidikan karakter bagi para siswa,” kata Nadiem dalam keterangan tertulis, Kamis, 28 Januari 2021.

Baca juga: SEA berikan Beasiswa Penuh Kuliah Di Perguruan Tinggi Bergengsi, Begini Caranya

Nadiem juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Prof. Margana, M.Hum.,M.A, selaku pelaksana tugas Rektor UNY sebelumnya, atas keberhasilanya memimpin UNY selama rentang waktu pergantian Rektor karena dinilai mampu memberikan suri tauladan yang baik dikampus UNY.

Para pejabat yang dilantik hadir di Kantor Kemendikbud dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat, serta telah melakukan test swab antigen dengan hasil dinyatakan negatif Covid-19.

Dilansir dari uny.ac.id, sebelumnya, pemilihan Rektor UNY ini dilaksanakan Selasa, 26 Januari 2021 dimulai pukul 13.00 WIB di Auditorium UNY dengan protokol kesehatan ketat. Sebelumnya, Auditorium telah disterilkan dan ditata supaya anggota Senat UNY duduk berjarak.

Anggota Senat UNY berjumlah 49 orang ditambah dengan 26 suara dari kementerian, sehingga total ada 75 suara dalam pemilihan tersebut.

Hasil pemungutan suara dari 75 suara adalah sebagai berikut; yang pertama dengan perolehan suara sebanyak 59 suara adalah Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., kedua Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. memperoleh 7 suara dan Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. dengan 8 suara. Satu suara dianggap tidak sah atau gugur. Kemenangan telak untuk Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.

Prof. Dr. Sumaryanto menjadi Rektor ke-dua yang berasal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, setelah sebelumnya Prof. Dr. Arma Abdullah, M.Sc. menjadi Rektor ke-6 UNY periode 1987-1991. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*