Rekor Harian Kasus Covid-19 AS Melonjak di Tengah Riuh Pemilihan Presiden

Mari berbagi

JoSS, WASHINGTON DC – Tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu Amerika Serikat 2020 lebih tinggi dibandingkan pemilu sebelum-sebelumnya. Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, berhasil memecahkan rekor suara terbanyak yang diterima dalam Pemilu AS.

Namun rekor lain mengikuti yakni lonjakan kasus harian Covid-19 di negeri ini mencapai setidaknya ada 102.591 kasus infeksi baru dalam 24 jam, selama penyelenggaraan Pemilu AS, Rabu (3/11), seperti dilansir dari Reuters.

Rekor kasus harian Covid-19 AS sebelumnya adalah 100.233 pada 30 Oktober. Angka ini yang tertinggi yang pernah dilaporkan oleh negara mana pun di dunia.

Meski Pemilu AS berlangsung Rabu (3/11) sebagian pemilih sudah menggunakan hak pilihnya lebih awal atau via pos. Sembilan negara bagian yang melaporkan rekor peningkatan kasus Covid-19 dalam satu hari adalah Colorado, Idaho, Indiana, Maine, Michigan, Minnesota, Rhode Island, Washington dan Wisconsin.

Reuters melaporkan pasien yang dirawat inap di rumah sakit untuk pertama kali dalam tiga bulan bertambah menjadi 50 ribu pada selasa kemarin. North Dakota melaporkan hanya tersisa enam tempat tidur di ruang ICU di seluruh negara bagian itu, kemarin.

North Dakota merupakan satu dari 14 negara bagian yang melaporkan rekor jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit.

Menurut Universitas Johns Hopkins, persentase kasus positif berdasar jumlah tes atau “positivity rate” di South Dakota mencapai lebih dari 50 persen, di Iowa hampir 40 persen, dan di Kansas mencapai 36 persen.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Menteri Kesehatan Ceko Mundur

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan persentase kasus positif di atas 5 persen sudah mengkhawatirkan. Hanya 15 negara bagian di AS yang saat ini memiliki persentase positif di bawah batas WHO.

Kematian akibat virus corona juga meningkat meskipun lebih lambat dari jumlah kasusnya. Rata-rata sekitar 850 orang di AS saat ini meninggal setiap hari akibat Covid-19. AS telah melaporkan hampir 9,5 juta kasus virus korona sejak pandemi dimulai dan 233.663 kematian, menjadikannya negara yang paling parah terdampak di dunia.

Adapun penghitungan suara Pemilu AS masih berlangsung, namun Biden telah mengantongi lebih dari 70 juta suara. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh Barack Obama, yang pada Pemilu AS 2008 menerima 69.498.516 suara. Saat itu Obama sukses mengalahkan calon dari Partai Republik, John McCain.

Sementara itu, lawan Biden, calon inkumben Donald Trump, pada Rabu sore pukul 15.30 waktu setempat, Trump memiliki lebih dari 67,6 juta suara.

Namun pemecahan rekor ini bukanlah jaminan kemenangan. Pasal II Konstitusi AS menyatakan bahwa presiden dan wakil presiden dipilih oleh sekelompok orang (electors) dari setiap negara bagian. Dengan demikian pemenang Pemilu AS ditentukan bukan oleh suara populer, melainkan suara Electoral College.

Electoral college merupakan istilah yang diberikan kepada “pemilih” presiden dan wakilnya yang mewakili setiap negara bagian. Pemilihan oleh electoral college berlangsung setelah pemilihan publik (popular vote). Dengan demikian sejatinya warga AS tidak memilih langsung presidennya.

Jumlah electoral college tergantung dari luas wilayah negara bagian dan populasinya. Dari 50 negara bagian serta Washington DC, total ada 538 pemilih. Seorang calon presiden harus meraih minimal 270 suara untuk menang. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*