Bukan di Bali, Ini Paket Wisata Gilimanuk Yang Ditawarkan Solo

Bendungan Karet Jembatan Kaca Tirtonadi | Foto: pariwisatasolo.surakarta.go.id
Mari berbagi

JoSS, SOLO – Pemerintah Kota Solo mempromosikan paket wisata Gilimanuk. Bukan Gilimanuk yang di Provinsi Bali, namun destinasi kawasan wisata yang tengah digarap Dinas Pariwisata Solo ini adalah tiga daerah yakni Gilingan, Manahan, dan Nusukan.

Seperti diketahui, ketiga wilayah tersebut memiliki sejumlah potensi wisata menjanjikan khususnya wiasata air, di antaranya Sungai Bengawan Solo.

Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan menyampaikan, beberapa objek wisata yang ada di tiga kelurahan tersebut, Kelurahan Gilingan, Kelurahan Manahan, dan Kelurahan Nusukan di antaranya Bendungan Karet Tirtonadi, Sungai Bengawan Solo, dan potensi wisata air.

“Salah satu ikon Kota Solo, yakni Sungai Bengawan Solo berada di daerah tersebut. Ini juga akan menjadi salah satu yang diunggulkan pada paket wisata Gilimanuk,” jelasnya dilansir dari joglosemar.com.

Baca juga: Spot Cantik Taman Bunga Ragil Kuning Boyolali

Menurut Hasta, Sungai Bengawan Solo memiliki nilai sejarah tinggi diantaranya menjadi sarana lalu lintas warga masyarakat dahulu.

“Dulu pernah jadi pusat lalu lintas warga, di Bengawan Solo. Selain itu, Kami juga ada beberapa sungai kecil yang mengalir ke Bengawan Solo, ini bisa menjadi objek wisata baru,” imbuhnya.

Di sisi lain, di Gilimanuk juga memiliki beberapa potensi wisata diantaranya Kali Pepe menjadi salah satu pilihan yang bisa dimanfaatkan sebagai lalu lintasnya. Dia menuturkan untuk armadanya telah disiapkan, namun sistem keamanannya yang  belum memenuhi standar.

Untuk itu pihaknya akan terus melengkapi sistem keamanan yang diperlukan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

“Untuk perahu kami sudah punya tetapi ‘safety’ (keamanan) kami belum siap, di antaranya petugas dan garis batas. Oleh karena itu, di masa pandemi ini kami manfaatkan untuk mengoptimalkan koordinasi. Harapannya ke depan wisata Gilimanuk di Solo ini dapat menambah referensi wisata di Kota Solo. Dan mendongkrak kunjungan ke Kota Solo,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*