Pamer Sengaja Tularkan Covid-19, Wanita di Semarang Diamankan Petugas

Ilustrasi | Foto: grid.id
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Seorang wanita di Kota Semarang, Jawa Tengah berinisial NA alias Fn viral di sosial media gara-gara sengaja menularkan Covid-19 ke berberapa orang di berbagai tempat keramaian. Kini wanita yang psoitif terinfeksi virus corona itu sudah diamankan petugas.

Dalam sebuah foto tangkapan layar percakapan di Whatsapp, ia mengajak temannya yang juga dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 untuk jalan-jalan ke luar rumah, meninggalkan tempat isolasi.

Niat NA alias Fn ini akhirnya terkuak setelah rekannya, LS, menyebar screenshot percakapan melalui aplikasi Whatsapp (WA) ke media sosial. Dalam percakapan itu, NA bahkan mengutarakan niatnya untuk menularkan Covid-19 ke banyak orang dengan jalan-jalan ke mal dan beberapa tempat perbelanjaan.

Screenshot aplikasi percakapan LS dan Fina ini pun sempat viral di media sosial. Terlebih lagi setelah akun @lambe_turah mengunggahnya di media sosial Instagram, Sabtu (19/9/2020).

Tak berselang lama, NA alias Fn pun langsung diamankan aparat kepolisian bersama Gugus Tugas Covid-19. Bahkan, berdasarkan informasi yang disampaikan akun @dkksemarang milik Dinas Kesehatan Kota Semarang, NA bersama keluarganya saat ini sudah menjalani isolasi di Rumah Dinas Wali Kota Semarang untuk mendapat penjagaan yang ketat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam, membenarkan adanya informasi itu. Ia juga menegaskan jika perempuan yang berdomisili di Kelurahan Jerakah itu sudah dibawa ke Rumdin Wali Kota Semarang yang saat ini menjadi pusat karantina bagi pasien Covid-19.

Baca juga: Miris, 15.000 Anak di Indonesia Terinfeksi Covid-19, 165 di Antaranya Meninggal Dunia

“Tadi sore sudah diamankan oleh gugus tugas Kota Semarang dan sudah dibawa ke rumah dinas untuk dilakukan isolasi,” jelas Hakam, Sabtu (19/9/2020).

Sementara itu, rekan NA alias Fn yang juga terpapar Covid-19 saat ini masih menjalani isolasi di rumah. Dinkes Kota Semarang belum bisa membawa teman NA itu karena masih merawat ibunya yang juga diketahui terpapar Covid-19 di rumah.

“Bu LS [teman NA] sendiri karena kondisinya masih merawat ibunya yg juga positif dan baru saja keluar RS, jadi belum bisa isolasi di Rumdin. Namun isolasi mandiri Bu LS dan ibunya diawasi oleh warga dan pemangku wilayah setempat secara ketat,” tulis pengguna akun @dkksemarang dalam unggahan di Instagram.

Sementara itu, berdasarkan pemeriksaan NA alias Fn memang sengaja tularkan Covid-19 kepada keluarganya. Sejauh ini diketahui jika suami dan anak-anak NA juga terkonfirmasi positif Covid-19. “Iya saat ini suami dan anaknya juga sudah dilakukan isolasi,” ucap Hakam, dilansir dari Solopos.com.

Menurutnya, apa yang dilakukan pasien itu tidak wajar dan secara psikologis cukup membahayakan. Namun, Dinkes Semarang masih perlu melakukan pemeriksaan secara psikologis terkait kondisi pasien tersebut.

Hakam juga mengimbau kepada warga Kota Semarang untuk tidak perlu khawatir menanggapi informasi yang beredar di media sosial itu. Hal itu karena pasien atau transmitter sudah diamankan pihak berwenang.

Meski demikian, Hakam juga mengimbau warga Kota Semarang untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, warga juga diimbau tidak keluar rumah, kecuali untuk urusan mendesak guna menekan angka persebaran maupun penularan Covid-19.

Sementara itu, berdasar data situs web siagacorona.semarangkota.go.id per Minggu (20/9/2020) dini hari, kasus Covid-19 di Kota Semarang mencapai 7.253. Perinciannya, 369 orang dirawat, 6.159 orang sembuh, dan 725 orang meninggal dunia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*