Andika: 30 Taruna Akmil Positif Corona, Tetap Punya Kesempatan Lanjutkan Seleksi

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa | Foto: beritasatu.com
Mari berbagi

JoSS, MAGELANG – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa memastikan 30 siswa taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang yang positif Covid-19 tetap bisa melanjutkan tahapan seleksi, setelah nantinya dinyatakan sembuh dari virus corona.

Dia tak ingin kasus ini merugikan siswa taruna Akmil tersebut, “Mereka tetap punya kesempatan melakukan seleksi meski terinfeksi. Jadi tidak merugikan mereka sebagai calon taruna,” kata Andhika, melalui teleconference berkala mengenai catar Akmil yang positif COVID-19 yang dilakukan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, yang ditayangkan pada akun Youtube resmi TNI AD, Minggu (6/9/2020)

Andhika lantas meminta jajarannya dan panitia seleksi menjemput semua siswa yang positif Covid-19 dari rumah sakit agar isolasi dipindah ke Perguruan Tinggi Akmil, Magelang. Ia juga meminta para calon taruna yang positif segera dibuatkan tempat isolasi mandiri.

“Agar calon taruna bakal untuk Akmil ini bisa terus seleksi tanpa harus dirugikan hanya karena mereka positif. Jangan sampai mereka diisolasi di rumah sakit kehilangan hak-hak mereka untuk dapat melanjutkan seleksi ke tahap berikutnya. Kalau mereka diisolasi di Akmil, mereka akan tetap dapat menjalankan tahapan (seleksi) berikutnya secara terpisah,” papar Andika.

Baca juga: Jumlah Kasus Baru Di Atas 3.000 Per Hari, Pemerintah Akui Belum Bisa Tekan Penularan Covid-19

KSAD juga meminta kepada Aspers KSAD untuk menindaklanjuti kepada panitia pusat supaya para catar dapat melanjutkan proses seleksi ke tahap berikutnya. Andika juga menegaskan supaya mereka tak dirugikan dalam proses sebagai catar di Akmil lantaran positif terkena virus corona.

Seperti diketahui, Sebanyak 30 orang taruna Akademi Militer (Akmil) positif virus corona. Saat ini semua siswa masih diisolasi di Rumah Sakit Dokter Soedjono, Magelang, Jawa Tengah.

Kakesdam IV Diponegoro Kolonel CKM Rusli mengatakan semua siswa yang positif dalam kondisi sehat meski beberapa di antaranya mengalami batuk dan pilek. “Ada 30 calon taruna yang positif dan kami langsung isolasi di RS tingkat dua Dr Soedjono,” kata Rusli dalam paparannya, dikutip melalui akun video berbagi TNI Angkatan Darat (AD), Minggu (6/9).

Kasus positif Covid-19 pada lingkungan sekolah TNI bukan kali pertama. Pada Juli 2020 diumumkan 1.280 orang positif Covid-19 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD. Dari jumlah itu 991 merupakan perwira siswa, sedangkan 289 orang lainnya staf atau anggota dari Secapa AD beserta keluarganya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*