Pengunjung Malioboro Melonjak, Sultan: UPTnya Harus Konsisten Terapkan Aturan

Kolase, Gubernur DIY Sri Sultan Hamenegku Buwono X - Kawasan maliboro | Foto: suara.com/jogjapolitan.harianjogja.com
Mari berbagi

JoSS, JOGJA – Di masa pandemi Covid-19 ini jumlah pengunjung kawasan Malioboro terus mengalami peningkatan, terlebih saat libur panjang akhir pekan. Untuk itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamenegku Buwono menginstruksikan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro untuk konsisten.

Menurut Sultan, perlu ada konsistensi petugas dalam menghadapi lonjakan orang yang berkunjung ke kawasan tersebut, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. “Yang penting betul-betul (protokol kesehatan), UPT Malioboro harus konsisten kalau memang dilakukan pendataan ya harus didata jangan ditinggal,” kata HB X di Kompleks Kepatihan, Jogja belum lama ini.

Sultan menyebutkan mestinya Malioboro dibagi dalam beberapa zona dan setiap zona berisi 500 wisatawan. “Jangan ditinggal sehingga penuh, mestinya dibatasi 500, 500 (per zona) yang jaga juga tidak ada tadi malam jadi tidak konsisten,” ujarnya.

Sementara ity Kepala UPT Malioboro, Ekwanto, mengatakan saat Sabtu (15/8/2020) malam kunjungan wisatawan membeludak sejak pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB.  Hal itu terlihat dari lokasi parkir Abu Bakar Ali yang penuh.

Baca juga: Masyarakat Jogja Makin Sulit Mendapatkan Surat Sehat Untuk Bepergian, Ini Alasannya

“Untuk itu kami meminta bantuan kepada satpol PP dan Dishub untuk membantu kami, petugas Jogoboro jumlah 36 bertahan di titik zona. Satpol PP dan Dishub bertugas untuk mengarahkan pengunjung, karena kami tidak bisa mobile,” kata Ekwanto, seperti dilansir dari kompas.com.

Jogoboro sendiri bertugas di zona-zona untuk memeriksa suhu badan pengunjung Malioboro, dan ja mengarahkan pengunjung agar melakukan scan QR Code yang bertujuan untuk mendata pengunjung. “Kalau ada yang bilang Jogoboro tidak ada yang mengatur, memang kami kehabisan personel, Dishub mengatur jalur cepat jangan sampai ada yang parkir,” katanya.

“Kadang-kadang kami dikatakan tidak konsisten, tetapi apa boleh buat saat kondisi ramai kita tidak bisa membantu menyeberangkan misalnya, karena memang ramai sekali,” sambungnya.

Selama libur panjang akhir pekan lalu, Ekwanto memperkirakan ada sebanyak 2.500 wisatawan yang berkunjung ke Malioboro. Pengunjung yang datang kebanyakan dari luar daerah DIY. “Kalau dilihat dari pelat nomor (kendaraan) kebanyakan dari luar DIY,” imbuhnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*