Jasa Marga Tambah Empat Fasilitas di Rest Area KM 360B Ruas Tol Batang-Semarang

Foto: jasamarga.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui PT Jasamarga Related Business (JMRB) yang bersinergi dengan PT Perkebunan Nusantara IX, PT PP Properti (Persero) Tbk., dan PT PP Konstruksi (Persero) Tbk., akan menambah empat fasilitas di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area KM 360B Ruas Jalan Tol Batang-Semarang.

Direktur Utama PT Jasamarga Restarea Batang (JRB) Irwan Artigyo Sumadiyo mengatakan penambahan empat fasilitas ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para pengguna jalan tol.

Nantinya, ungkap Irwan, Rest Area KM 360B Batang-Semarang ditargetkan tidak sekadar sebagai tempat beristirahat, namun juga dapat menjadi destinasi wisata bagi masyarakat.

“Keempat fasilitas tambahan yang berada di Rest Area KM 360B Batang-Semarang meliputi penambahan masjid, musala, dan dua toilet. Empat fasilitas tersebut akan melengkapi 58 fasilitas lainnya yang sebelumnya sudah tersedia di Rest Area KM 360B Batang-Semarang,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (9/8/2020).

Saat ini, Rest Area KM 360B Batang-Semarang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, antara lain pujasera, taman bermain, mini market, mini zoo, lahan parkir berkapasitas 258 kendaraan kecil dan 51 kendaraan besar, toilet gratis, sarana ibadah, posko kendali, panggung hiburan, taman hias, gerai ATM hingga tempat pengolahan sampah plastik.

Baca juga: Dilintasi Tiga Ruas Proyek Tol Sekaligus, Desa Tirtoadi Perlu Perhatian Lebih

Selain itu, Rest Area KM 360B Batang-Semarang juga dilengkapi dengan area komersial yang berisi beragam outlet dengan mengedepankan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hingga kini, tercatat 36 pelaku UMKM di Rest Area KM 360B Batang-Semarang. Salah satunya adalah Tinari Cafe & Garden 360 yang menjadi titik pelaksanaan Pameran Budaya Batang dan Kesenian Daerah pada tanggal 07-09 Agustus 2020.

Rest Area KM 360B berada di Jalan Tol Batang-Semarang, tepatnya di jalur B (arah Jakarta). Rest Area ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Hal tersebut tak ayal menjadikannya diganjar sebagai rest area dengan fasilitas terlengkap di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2019 silam.

Selain memiliki fasilitas yang lengkap, Rest Area KM 360B Batang-Semarang juga didesain dengan konsep go green. Hal ini dapat terlihat dari pengembangan lahan hijau yang meliputi 30 persen dari total 7,6 Ha keseluruhan rest area.

Selama pandemi Covid-19 ini, operasional Rest Area KM 360B Batang-Semarang menerapkan berbagai protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran virus.

Upaya tersebut meliputi screening suhu tubuh pengunjung di on ramp, pembuatan fasilitas gerbang disinfektan, layanan posko kesehatan, penerapan pyscal distancing, menyebar berbagai imbauan terkait protokol kesehatan, dan menerapkan peraturan wajib mengenakan masker. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*