Dibangun Bulan Ini, Jateng Valley Bakal Jadi Tempat Wisata Terbesar se-Asia Tenggara

Ilustrasi | Foto: net
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Jateng Valley di Desa Ungaran, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, bakal menjadi tempat wisata terbesar se-Asia Tenggara dengan nilai investasi ditaksir mencapai Rp10 triliun. Proyek yang telah tertunda 8 tahun lebih ini bakal direalisasikan pembangunnnya pada 15 Agustus mendatang.

Diketahui, proyek Jateng Valley ini dulunya bernama Jateng Park yang telah digagas sejak Gubernur Jateng Bibit Waluyo pada 2012. Obsesi Pemprov Jateng demi mewujudkan objek wisata alam terbesar dan terbaik yakni pengembangan kawasan Hutan Pengaron.

Kejelasan pembangunan Jateng Valley ini bahkan telah dibuktikan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pengembangan wana wisata Penggaron, antara Perhutani dengan PT Penggaron Sarana Semesta dan PT Taman Wisata Jateng, pada 12 Maret lalu.

Komisaris Utama Taman Wisata Jawa Tengah, Prijo Handoko Rahardjo mengatakan Jateng Valley merupakan tempat tujuan wisata alam bernuansa futuristik tersebut. Tempat wisata tersebut akan menjadi terbesar di Asia Tenggara.

“Bahkan tempat ini akan masuk lima besar dunia. Banyak wahana baru yang tidak terdapat di tempat wisata lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Semarang,  Minggu (2/8).

Baca juga: Kembali Beroperasi, Pengunjung Objek Wisata Grojogan Sewu Dibatasi Maksimal 1,5 jam

Dia menungkapkan Jateng Valley akan menempati lahan sangat luas, namun yang untuk wahana wisata sekitar 37 hektare. Direncanakan ada tujuh zona wisata, ada waterpark, trek sepeda, bahkan ada hotel untuk akomodasi wisatawan.

“Untuk wahana-wahananya kami tidak mengadopsi dari destinasi wisata mana pun. Salah satu wahana yang akan menjadi unggulan adalah replika Kapal Nabi Nuh. Di dalamnya akan ada tempat wisata, ada main-mainannya,” tambah CEO Rahardjo Group ini.

Rancangan Jateng Valley  menggunakan sentuhan kreatif salah seorang konsultan yang mendesain Ibu Kota Baru Indonesia. Budi Faizal Ph.D adalah konsultan lima besar yang merancang Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan.

“Kami yakin, destinasi wisata ini akan membuat masyarakat Jawa Tengah bangga. Karena, selama ini kita (Jawa Tengah) tertinggal dari DKI, Jatim, dan Jabar. Kami akan buat tempat ini menjadi yang terbaik,” tegas Handoko.

Tidak hanya tempat hiburan, Jateng Valley juga akan menjadi wahana edukasi pengunjungnya. “Nantinya akan ada edukasi bagaimana cara menanam padi, menggembala kerbau, dan sebagainya sehingga ada tempat belajar yang natural, khususnya bagi anak-anak,” jelasnya.

Soal investasi untuk destinasi wisata ini, Handoko menyebut investasi untuk pembangunan tempat ini dilakukan secara maraton. (lna)

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*