COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

125.396

127.083

2%

Kasus Baru

1.893

1.687

-11%

Update: 10 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Abaikan Protokol Kesehatan, Izin Tempat Wisata Bakal Dicabut

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi | Foto: suaragunungkidul.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, akan menindak tegas bagi pengelola tempat wisata yang tidak mematuhi ketentuan standard operating procedur (SOP) pencegahan Covid-19. Sanksi tegas bakal diberlakukan diantaranya mencabut izin usaha tempat wisata.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, mengatakan peringatan bagi pengelola yang abaikan protokol kesehatan hanya akan dilakukan sekali, selanjutnya jika melanggar akan langsung dicabut izinnya.

“Jika ada kekeliruan dan kesalahan dalam menjalankan SOP, akan kami warning cukup sekali peringatan dan harus kembali ke SOP yang benar. Kalau tidak benar, kami tarik lagi (izinnya) supaya benar sistemnya. Bisa sampai pada penutupan kembali,” katanya, seperti dikutip dari Gatra.com, Jumat (3/6).

Menurutnya, saat uji coba pembukaan beberapa destinasi wisata di Gunungkidul, beberapa pengunjung ditemukan tidak menggunakan masker. Selain itu, pengelola wisata kesulitan mengatur rombongan agar menjaga jarak.

Baca juga: Pariwisata Baru Mulai Bangkit, Pesisir Pantai Jogja Diserbu Ubur-Ubur

Immawan menyebut hal itu karena masyarakat masih gagap menghadapi fase normal baru. Kondisi ini juga terjadi ketika awal pandemi Covid-19. “Menghadapi pandemi Covid-19 harus gencar sosialisasi dan edukasi. Sama seperti saat ini ketika menghadapi new normal, kita harus sabar,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gunungkidul ini.

Di sisi lain, Immawan bersyukur saat ini perekonomian mulai bergerak dengan beroperasinya destinasi wisata. “Banyak orang datang ke tempat wisata kami syukuri. Masyarakat perlu refreshing dan desa wisata jadi punya uang. Biarlah masyarakat mencari penghidupannya,” ucapnya.

Empat destinasi wisata di Gunungkidul saat ini telah beroperasi, yakni Pantai Baron, Pantai Kukup, Kalisuci, dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Jumlah kunjungan pun tak kurang 10 ribu orang selama sekitar satu minggu ini.

Kepala Bidang Pemasaran Gunung Api Purba Ngalnggeran, Heru Purwanto, mengakui memang sulit mengatur pengunjung untuk menjalankan protokol kesehatan. “Ketika ada rombongan keluarga, sulit mengaturnya tetap jaga jarak,” ucapnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*