Penularan Covid-19 Klaster 3 Perusahaan di Semarang Diduga Dari Absensi Finger Print

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam | Foto: gatra.com
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menyebutkan penularan virus corona di klaster tiga perusahaan di Semarang diduga berasal dari absensi finger print (sidik jari), selain itu adanya kegiatan makan bersama di jam istirahat tanpa penerapan protokol kesehatan ketat juga jadi pemicu.

Menurutnya, dari hasil penelusuran, karyawan yang terinfeksi Covid-19 saat melakukan absen dengan menyentuhkan jari tangan ke alat pemindai sidik jari. Dan usai menyentuh alat itu, karyawan tidak mencuci tangan atau memakai cairan pembersih.

Yang kedua, penularan terjadi lewat kegiatan makan bersama saat istirahat kerja, yang tidak dilakukan berjarak atau pembatasan dengan penghalang.

“Kita lihat dan simpulkan sementara, itu dari finger print. Saat absen, tangan atau jari menyentuh alat, padahal alat terkontaminasi dari karyawan yang positif. Yang menyentuh, kemudian tidak cuci tangan atau pakai hand sanitizer. Untuk yang kedua, karena makan bersama, perusahaan dan karyawan tidak melakukan physical distancing dengan berjarak atau dibatasi barrier”, ungkapnya, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Baca juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Pemda di Semarang Raya Diminta Terapkan PKM

Diketahui tiga perusahaan di Kota Semarang disebut menjadi klaster baru penyebaran corona, dimana hampir 200 karyawan terdeteksi positif terjangkit Covid-19. Klaster perusahaan ini menyumbang paling besar angka positif covid-19 saat ini di Kota Semarang yang mencapai 716 kasus.

“Untuk tiap perusahaan jumlah yang positif berbeda-beda, ada yang 47 karyawan, ada yang 24 karyawan dan ada yang 100 lebih. Ini belum ditambah tracking kita ke orang terdekat dan keluarganya”, tambah Hakam.

Ia mengatakan Pemkot Semarang akan terus melakukan uji cepat maupun tes usap secara masif di tempat-tempat keramaian.

Hingga saat ini, lanjut dia, sudah selitar 2,8 pesen penduduk Kota Semarang yang dites, baik melalui uji cepat maupun tes usap.

Sebelumnya, Pemkot Semarang sempat berhasil mendeteksi klaster di sejumlah pasar, kantor Balai Kota Semarang dan sebuah kantor bank.

“Ini komitmen kami menangani kasus covid. Tes massal covid baik rapid dan swab kita lakukan secara masif sebagai upaya deteksi dini dan penindakan disertai pencegahan yang cepat. Ini akan terus kami lakukan dengan resiko angka positif covidnya terus nambah”, ujar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*