COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

113.134

115.056

2%

Kasus Baru

1.679

1.922

14%

Update: 4 Agustus 2020 - Sumber: covid19.go.id

Pandemi Belum Usai, Konsumsi Olahan Jahe Ini Mampu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi | Foto: fimela.com
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Pandemi virus corona masih belum usai. Jumlah korban terus berguguran, angka yang terkonfirmasi positif juga terus meningkat setiap harinya. Di sisi lain, pemerintah bakal memberlakukan tatanan pola hidup baru dengan beraktifitas di masa pandemi.

Untuk itu, penerapan protokol kesehatan penting, seperti jaga jarak, gunakan masker dan mencuci tangan, untuk menjaga kita dari penularan virus serupa SARS ini. Sementara itu dari dalam diri kita sendiri juga imunitas tubuh harus dijaga, baik melalui olah raga, berjemur, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

Rempah-rempah dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh, di antaranya jahe. Kandungan dalam jahe berkhasiat bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Hampir seluruh olahan minuman untuk cegah corona covid-19 menggunakan jahe sebagai bahan tambahan.

Kemampuannya mencegah virus ini membuat harga tanaman herbal ini melambung. Berbagai olahan jahe pun kini banyak dijual.

Di Indonesia dikenal tiga jenis jahe, yakni jahe putih atau jahe emprit, jahe gajah atau jahe besar, dan jahe merah. jenis tersebut umumnya memiliki khasiat yang hampir sama, yakni terdapat kandungan gingerol, shogao, dan bisa menjaga imun tubuh. Kandungan gingerol dan shogao berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang membantu mencegah peradangan paru-paru.

Lalu apa saja olahan jahe yang berkhasiat cegah corona covid-19?

Baca juga: Penting! Konsumsi Vitamin C Tak Perlu Sampai 1.000 Mg/Hari

Dikutip dari Kapanlagi.com, rempah jahe dapat diolah dengan berbagai makanan serta minuman enak dan berkhasiat. Berikut 5 macam olahan jahe yang berkhasiat bantu cegah corona:

1. Olahan Wedang Jahe

Olahan jahe yang berkhasiat cegah corona covid-19 yang bisa dibuat di rumah adalah seperti olahan wedang jahe. Wedang jahe ini dapat menjadi minuman herbal kaya vitamin bantu cegah corona covid-19. Kalian dapat membuat berbagai olahan wedang jahe dengan murni atau mencampur dengan kombinasi rempah lainnya seperti serai, cengkeh, dan pandan.

2. Olahan Sirup Jahe

Jahe juga dapat dibuat sebagai sirup. Sirup ini menjadi olahan jahe yang berkhasiat cegah corona covid-19 dalam tubuh. kalian dapat membelinya dalam bentuk produk atau bahkan membuat sendiri agar lebih praktis.

3. Manisan Jahe

Olahan jahe yang berkhasiat cegah corona covid-19 yang bisa kalian konsumsi atau buat sendiri salah satunya adalah manisan jahe. Sesuai namanya, olahan ini memiliki rasa manis dan pedas seperti permen jahe. Namun lebih murni, karena kandungan jahe yang lebih banyak di dalamnya.

4. Olahan Acar Jahe

Selanjutnya adalah acar jahe. Acar jahe sering menjadi sajian pembuka bersama sushi disebut sebagai gari. Kalian dapat membuat sendiri atau membeli produknya secara langsung. Jika berniat untuk membuat sendiri berikut resep acar jahe:

5. Jus Jahe

Siapa sangka jahe juga dapat dibuat sebagai olahan jus. Jus jahe menjadi olahan jahe yang berkhasiat cegah corona covid-19. Cara membuat jus jahe sangat mudah dan bisa kalian terapkan di rumah. kalian dapat kombinasikan jus jahe dengan bahan lainnya seperti kurma. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*