Ngesti Pandawa

COVID-19 UPDATE

KEMARIN

HARI INI

NAIK / TURUN

Total Penderita

59.394

60.695

3%

Kasus Baru

1.624

1.301

-20%

Update: 3 Juli 2020 - Sumber: Kementrian Kesehatan RI

Berolahraga di Tempat Umum Wajib Kenakan Masker!

Ilustrasi | Foto: klikdokter
Mari berbagi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JoSS, SEMARANG – Di era tatanan hidup baru beraktifitas di tengah pandemi covid-19 masyarakat diwajibkan tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah, termasuk saat berolahraga.

Anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan protokol kesehatan saat berolahraga di era ‘new normal‘ atau kenormalan baru. Salah satunya adalah anjuran agar tetap memakai masker bila olahraga dilakukan di luar rumah yang ramai kerumunan orang.

Komentar dr Reisa ini menyusul perdebatan yang timbul terkait pemakaian masker saat berolahraga. Sebagian orang berpendapat masker lebih baik dilepas karena akan sulit bernapas, tapi ada juga yang menyarankan sebaiknya tetap pakai masker agar aman dari risiko penularan virus Corona.

Protokol kesehatan utama kita kalau berada di ruang publik dan berdekatan dengan orang lain kita wajib memakai masker. Dengan begitu kita bisa kenali risiko diri sendiri dan kenali risiko lingkungan sekitar. Baru kita bisa memutuskan untuk berolahraga menggunakan masker atau tidak di luar rumah,” kata dr Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, belum lama ini.

“Ingat kembali tujuan berolahraga. Tujuannya untuk menyehatkan badan, atau berbeda, hanya karena ingin bertemu dan berkumpul dengan teman atau kerabat?” lanjutnya.

Baca juga: Face Shield Lagi Hits, Seberapa Efektifitasnya Cegah Virus?

dr Reisa menjelaskan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang disarankan adalah olahraga intensitas ringan hingga sedang untuk menjaga kebugaran tubuh. Bila tidak memungkinkan, tidak ada salahnya olahraga di dalam rumah memanfaatkan barang-barang yang ada.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) pernah menjelaskan bahwa masalah pemakaian masker ini tergantung dari tujuan olahraganya.

Bila hanya sekedar ingin meningkatkan imun tubuh maka olahraga sebaiknya dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang dan dalam kasus ini tidak masalah memakai masker. Sementara itu mereka yang olahraga dengan intensitas berat karena ingin meningkatkan performa, misalnya atlet, memang tidak disarankan memakai masker.

Ahli kedokteran olahraga dr Michael Triangto, SpKO, dari Slim + Health Sports Therapy mengatakan masyarakat umum yang kebanyakan berolahraga ringan demi kebugaran di tempat umum sebaiknya tetap memakai masker demi mencegah penularan COVID-19. Memang bisa terasa tidak nyaman, tapi ini tidak berbahaya bagi kesehatan.

“Kalau saya bicara untuk orang yang berolahraga untuk sehat, tentunya harus berolahraga intensitas ringan sampai sedang. Artinya tidak sampai berkeringat, tidak sampai masker itu basah karena saya bernapas lewat mulut,” kata dr Michael pada detikcom, Rabu (17/6/2020). (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*