Dari Kepala Sekolah Jadi Kepala Disdik Jateng, Jumeri Kini Hijrah Ke Kemendikbud Jabat Dirjen

Kepala Disdikbud Jateng Jumeri | Foto: jatengprov.go.id
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG –Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Jumeri resmi menduduki jabatan baru sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. Mantan Kepala SMKN 1 Bawen itu mulai ngantor di Jakarta per 21 Juli 2020, kemarin.

Kabar tersebut dikonfirmasi langsung oleh Jumeri. “Benar mas per hari ini saya menempati posisi Dirjen di Kemendikbud,” ujar Jumeri, Selasa (21/7)  seperti dikutip dari Jawa Pos Radar Semarang.

Bisa dibilang, karir Jumeri cukup cepat. Baru 14 bulan mantan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Bawen ini menjadi Kepala Dinas Pendidikan Jateng pada Mei 2019 lalu. Saat diangkat menjadi Kepala Disdikbud Jateng ia bukan dari jenjang eselon.

Pria kelahiran Boyolali,10 Mei 1963 menempati jabatan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng tersebut karena terpilih dalam lelang jabatan yang dilakukan Pemprov Jateng. “Saya hanya bekerja sungguh-sungguh mengalir saja seperti air,” terangnya.

Kala itu namanya menjadi perbincangan di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Provinsi Jawa tengah. Pasalnya, Jumeri yang awalnya bukan siapa-siapa itu mampu menduduki jabatan tinggi yang diincar banyak orang.

Baca juga: Wali Kota Solo Pastikan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Baru Bisa Dilakukan 2021

Namun karena proses lelang jabatan terbuka yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dirinya mampu membongkar sekat birokrasi yang biasa berjalan di provinsi itu. Jumeripun sempat tidak percaya.

“Saya sendiri juga masih tidak percaya dengan hal ini dengan para pesaing yang hebat-hebat. Ada profesor dan doktor tapi saya yang dipilih oleh bapak Gubernur menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng,” katanya saat itu, seperti dikutip dari Tribunjateng.com.

Pria kelahiran Boyolali,10 Mei 1963 ini mendengar lelang jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bahkan dari group Whatsapp komunitas kepala sekolah.

Karena melihat syarat administrasi yang dimilikinya memungkinkan, Jumeri yang saat mendapat kabar itu sedang beribadah umrah di Makkah memantapkan niat untuk mengikuti lelang jabatan tersebut.

“Awalnya tidak mau maju, namun karena dorongan teman-teman saya akhirnya maju juga,” tuturnya, kala itu.

Kini, Jumeri mengemban amanah yang baru sengan lingkup yang lebih besar yakni secara nasional.  Adapun saat ini jabatan Kepala Disdikbud Jateng masih kosong.

“Nanti akan ada Plt, namun siapa belum tahu,” katanya. Ia juga mengaku tidak menyangka akan menempati jabatan saat ini.“Saya dapat pemberitahuan untuk ke Jakarta dan ini barusan dilantik semua sangat cepat,” pungkasnya. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*