Alumni UNS Solo Terpilih Menjadi Deputi Gubernur BI 2020-2025 Secara Aklamasi

Doni Primanto Joewono | Foto: trenasia.com
Mari berbagi

JoSS, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui pengangkatan Doni Primanto Joewono menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020-2025. Alumni Universitas Sebelas Sebelas Maret pada 1988 itu, terpilih secara aklamasi.

“Dipilih secara aklamasi, musyawarah mufakat,” kata Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno, di Gedung DPR RI, Senin (13/7/2020).

Pengambilan keputusan secara mufakat ditempuh DPR setelah sempat menunda pemungutan suara atau voting pada Rabu (8/7) lalu. Bahkan hingga tadi pagi para anggota Komisi XI belum bisa menetapkan mekanisme pengambilan keputusan apakah melalui musyawarah mufakat atau voting

Sebelumnya, Doni menjalani uji kelayakan pada 8 Juli lalu. Selain dirinya, Komisi XI DPR juga menguji dua nama lain yang diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Aida Budiman dan Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Juda Agung.

Mengutip keterangan Bank Indonesia, sebelum terpilih menjadi Deputi Gubernur BI, Doni menjabat sebagai Direktur Ekeskutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI. Ia memulai kariernya di Bank Sentral pada 1991 sebagai staf di Departemen Pengelolaan Moneter sampai 1996.

Kemudian ia beralih jabatan menjadi peneliti ekonomi junior di departemen yang sama sampai 2000. Kariernya berlanjut sebagai peneliti ekonomi di Departemen Pengelolaan Moneter (2000-2002).

Baca juga: Kementerian Keuangan Pastikan Moratorium Penerimaan CPNS dan Mahasiswa Baru PKN STAN

Ia lantas menjabat Deputi Kepala Bagian Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter (2002-2005), Kepala Bidang Ekonomi dan Moneter Departemen Statisitik Ekonomi dan Moneter (2005), dan Kepala Bidang Ekonomi dan Moneter Kantor BI Semarang (2005).

Doni pun sempat menjadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London, Inggris. Di sana ia bertugas selama lebih kurang dua tahun dari 2005 sampai 2007. Saat pulang ke Indonesia ia kembali bertugas di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (2008-2010).

Selain itu, Doni juga pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI di Solo selama lebih kurnag setahun dari 2012 sampai 2013. Ia pun pernah menjabat Kepala Perwakilian BI di Provinsi DKI Jakarta (2015-2018) dan Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat (2018-2019).

Dengan seluruh jabatan tersebut, bisa dikatakan Doni berpengalaman pada bidang ekonomi dan keuangan regional, sistem keuangan, manajemen intern, sektor riil dan UMKM, serta strategi organisasi dan manajemen Sumber Daya Manusia.

Doni pun banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan penerbitan obligasi pemerintah, membangun sistem lalu lintas devisa (LLD), dan mengoordinasikan penyelenggaraan Rakornas Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Pada 2012 dan 2018, Doni pernah mendapat pengharagaan TPID terbaik. Masing-masing di Solo dan Jakarta. Ia juga tercatat telah mengikuti pendidikan Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) pada 2018.

Doni lahir di Surabaya pada 24 Februari 1965. Ia menempuh studi sarjana di bidang ekonomi dan studi pembangunan di Universitas Sebelas Maret pada 1988. Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke Universitas Indonesia jurusan administrasi dan meraig gelar master pada 2004. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*