Lahir di Jawa Rainey A. Backues, Pria Bertato Peta Indonesia di Tengah Demo di AS Bukan WNI

Rainey A Backues saat demonstrasi kematian George Floyd di Philadelphia, Amerika Serikat | Foto: instagram rainsfordthegreat
Mari berbagi

JoSS, PHILADELPHIA – Rainey A. Backues, pria yang memiliki tato peta Indonesia yang viral di media sosial karena aksinya yang tertangkap kamera pada saat demo ricuh di Center City, Philadelphia Amerika Serikat, akhirnya meminta maaf dan mengaku menyesal.

Backues, tertangkap kamera pewarta foto Philadelpia Inquirer sedang melempar semacam kotak ke arah perusahaan layanan jasa finansial Wells Fargo, Sabtu 30 Mei 2020.

Backues, lewat akun Instagram miliknya @rainsfordthegreat pada Minggu 31 Mei 2020 mengaku bahwa dia sebenarnya adalah warga negara Amerika Serikat naturalisasi yang lahir di Pulau Jawa, Indonesia. Dia mengklarifikasi bahwa dia sama sekali tak ada niat untuk rusuh dan dia meminta maaf kepada seluruh komunitas warga Indonesia di Philadelphia.

“Awalnya aku cuma bersepeda lewat (jalan) Center City,” kata dia menjelaskan mengapa dia tak menutupi identitas diri saat itu.

Lalu seiring hari makin gelap, dia mengaku merasa marah atas kematian George Floyd dan atas ketidakadilan polisi nasional. “Apalagi aku juga termasuk orang kulit berwarna,” kata Backues yang lantas merasa menyesal atas kemarahannya yang berakibat pada pengrusakan bangunan itu.

“Oleh sebab itu aku ingin meminta maaf pada gerakan Black Lives Matter serta kepada para pengunjuk rasa yang secara sah menunjukkan ketidaksetujuan mereka dengan ketidakadilan saat ini yang kita semua saksikan,” kata dia.

Baca juga: Ramalan Mbah Mijan Terbukti, Dwi Sasono Dicokok Polisi Karena Narkoba

“Karena salah satu tato saya menunjukkan pulau-pulau Indonesia (saya adalah warga negara AS yang dinaturalisasi, tetapi saya lahir di Pulau Jawa), saya juga ingin meminta maaf kepada masyarakat Indonesia di Philadelphia,” kata dia.

Dia menegaskan betapa dia sangat menyesal sudah berswafoto menunjukkan barang jarahan, tapi dia mengaku tidak menjarah. “Meski saya dengan bodohnya memasang selfie yang memegang sepatu sampai ke telinga saya di Instagram feed saya, saya tidak menjarahnya dan juga tidak membawa pulang apa pun,” kata dia.

Dia mengaku berpose dengan sepatu sekedar untuk menunjukkan pada orang-orang bahwa sedang terjadi penjarahan besar-besaran di lokasi dia berada.

“Saya sekarang menyesal memposting foto-foto itu. Sekali lagi, saya meminta maaf kepada semua komunitas yang telah terkena dampak negatif dan malu. Saya bersedia bertanggung jawab penuh atas tindakan saya. Saya telah belajar banyak dari kejadian ini,” katanya, seperti dikutip dari Tempo.co.

Gara-gara itu, ia mendapat kecaman di akun komentar status Facebook-nya. Banyak warga Indonesia yang kesal dan marah dengan tindakan Rainey yang merusak kaca bank Welss Fargo di Philadelphia. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*