Jurnal Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip Tembus Internasional

Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Dr Ir Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono MS MAgr | Foto: youtube PB ISPI
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Jurnal ilmiah milik Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro (Undip), Journal of the Indonesian Tropical Animal Agriculture (JITAA) atau Jurnal Pengembangan Peternakan Tropis mampu menembus index Scopus sejak tahun 2018.

Scopus adalah basis data jurnal ilmiah yang diperkenalkan tahun 2004 oleh Elsevier, salah satu penyedia informasi ilmiah, teknis, dan medis terbesar di dunia yang didirikan tahun 1880 di Amsterdam, Belanda (https://www.elsevier.com/about).

Posisi JITAA FPP Undip masuk di Quartile (Q)3, posisi yang cukup bergengsi dan hanya ada dua jurnal sejenis dari Indonesia yang berada di level ini.

Selain terindeks di basis data sitasi milik oleh Elsevier, Jurnal Pengembangan Peternakan Tropis Undip juga sudah memiliki ISSN untuk edisi cetak mapun dalam edisi elektroniknya sejak tahun 1999, menjadi jurnal yang mendapat dukungan pemerintah untuk program internasionalisasi dari 2009 – 2011, serta diakui oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti pada 18 November Tahun 2016 dengan keputusan No 60/E/KPT/2016. Dalam level nasional jurnal ini juga terindeks pada SINTA (Science and Technology Index).

Selain Scopus, lembaga lain yang memberi pengakuan pada Jurnal Pengembangan Peternakan Tropis Undip yang terbit sejak tahun 1975 dalam bentuk bulletin ilmiah milik Fakultas Peternakan ini adalah Emerging Sources Citation Index (ESCI)-Clarivate Analytics, Asean Citation Index (ACI), Directory of Open Access Journal (DOAJ), Google Scholar, CAB International, EBSCO, SHERPA/RoMEO, Feedipedia dan Crossref.

Baca juga: Fak Sains Dan Matematika Promosikan Empat Pengajar Jadi Guru Besar Undip
Pemimpin Redaksi (Editor in Chief) Journal of the Indonesian Tropical Animal Agriculture (JITAA) Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Prof Dr Edy Kurnianto

Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Dr Ir Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono MS MAgr, mengaku bangga atas pencapaian yang diraih JITAA ini. “Setelah meraih, untuk mempertahankan tidaklah ringan. Apalagi di era sekarang dimana kompetisi jurnal sangat ketat, kami perlu dukungan tenaga pendidik untuk masalah teknisnya,” ujarnya.

Menurut Bambang WHEP, meski sudah bereputasi internasional dan mandiri, JITAA membutuhkan dukungan prasarana yang lebih memadai. Bagi lembaga pendidikan tinggi, memiliki jurnal bereputasi internasional perlu terus dijaga dan dikembangkan supaya tidak merosot.

Apalagi bagi FPP Undip yang bukan saja mengelola program strata satu, tapi juga mengelola program diploma, magister peternakan dan magister agribisnis, serta program doktor peternakan (https://www.undip.ac.id/fakultas/fakultas-peternakan-dan-pertanian).

Di Indonesia saat ini setidaknya ada 57 perguruan tinggi yang memiliki jurusan atau program studi peternakan. Semua berupaya membangun jurnal yang bereputasi internasional.

“Satu sisi tentu ini baik. Makin banyak jurnal peternakan yang bereputasi, tentu makin banyak ruang yang tersedia untuk publikasi hasil penelitian. Namun perlu diperhatikan karena ada pemeringkatan semuanya harus bersaing untuk bisa berada di papan atas,” imbuhnya.

Pemimpin Redaksi (Editor in Chief) Journal of the Indonesian Tropical Animal Agriculture (JITAA) Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip, Prof Dr Edy Kurnianto, menuturkan jurnal yang dipimpinnya setahun terbit empat edisi, yakni di Bulan Maret, Juni, September, dan Desember. “Setiap edisi, minimal berisi antara 10 sampai 12 manuskrip,” jelas Edy Kurnianto. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*