Hendi Sebut Penetapan Kriteria Zonasi Covid-19 Perlu Data Yang Jelas

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi | Foto: youtube hendrar prihadi
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mempertanyakan status tiga daerah yang dinyatakan masih dalam status zona merah pandemi COVID-19 oleh Gubernur Jawa Tengah, yakni Kota Semarang, Kabupaten Demak dan Magelang.

Menurutnya, penetapan zona merah, kuning dan hijau dalam status penyebaran virus corona di suatu daerah harus disertai data pendukung yang jelas untuk mengukur zonasi Covid-10 tersebut. Dia menambahkan meningkatnya angka penderita COVID-19 di Ibu Kota Jawa Tengah itu tidak terlepas dari masifnya tes cepat dan tes usap yang dilakukan di pusat-pusat keramaian.

“Apa benar hanya tiga daerah ini yang banyak ditemukan kasusnya?  Harus ada data yang jelas agar tidak cepat-cepatan zona hijau, agar tidak seperti pertandingan,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Ia mengungkapkan masih ada kepala daerah yang wilayahnya masuk dalam kategori zona kuning namun galau untuk melakukan tes massal di tempat keramaian.

Baca juga: Peneliti Ungkap Mutasi Virus Corona Lebih Cepat Menular

“Mereka galau kalau di tes massal di tempat umum akan ketahuan jumlah positifnya bertambah,” katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, jika pergerakan dalam upaya mencegah COVID-19 tidak berstandar dan tidak sama, maka zona hijau hanya akan dicapai oleh daerah yang tidak melakukan tes massal di tempat ramai.

Ia menegaskan Kota Semarang tidak akan ragu melakukan tes massal di tempat-tempat ramai agar penelusuran kasus lebih cepat diketahui. “Semarang ingin menjadi zona hijau alami, benar-benar realitanya semua warganya sehat. Bukannya dengan tidak ada pergerakan di lapangan,” katanya.

Data Dinas Kesehatan Kota Semarang merilis data jumlah kasus Covid-19 di laman https://dinkes.semarangkota.go.id/ dan juga Instagram @dkksemarang mencatat jumlah kasus di Kota Semarang hari Selasa 16 Juni 2020 mencapai 234. Dengan rincian 232 masih menjalani perawatan, 420 sembuh dan 89 kasus meningal. PDP yang masih menunggu hasil ada 274 kasus. Sedangkan 366 orang masih dalam pantauan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*