Masker Kain Jadi Barang Wajib Saat Menjalani New Normal, Begini Cara Mencucinya

Ilustrasi | Foto: lazada/thelapak
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Penggunaan masker kain menjadi satu bawang yang wajib dikenakan untuk menjalani pola hidup baru ‘new normal’ saat beraktifitas di tengah pandemi virus corona. Seperti yang dianjurkan pemerintah, masker kain dipilih untuk mencegah terjadinya penyebaran virus yang mungkin ada di sekitar kita.

Bahan yang digunakan untuk membuat masker kain pun beragam. Meski begitu, ada beberapa fakta yang harus diketahui agar fungsi masker kain ini jadi lebih maksimal.

Satu kelebihan masker kain yang beda dari masker lainnya adalah bisa digunakan berulang-ulang. Tapi, jangan lupa untuk sering-sering membersihkannya dengan cara mencucinya dengan detergen.

Penggunaan masker kain juga dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setelah masker medis menjadi langka di masyarakat.

“Kami bisa melihat situasi pemakaian masker, yang dibuat sendiri di rumah atau masker kain, di tingkat komunitas dapat membantu respons keseluruhan terkait penyakit ini,” jelas salah seorang direktur eksekutif WHO, Dr Michael Ryan, seperti dikutip dari Detik.com.

Seperti yang diketahui, banyak jenis kain yang bisa digunakan sebagai masker kain. Mulai dari katun, scuba, linen, kain lap, atau sarung bantal.

Namun riset di Inggris oleh Davies A dan rekan-rekannya dalam jurnal Disaster Med Public Health Preparedness menilai penggunaan masker kain berbahan kain lap paling efektif menyaring partikel berukuran 0,02 mikron yaitu sebanyak 73 persen.

Tak hanya WHO, penggunaan masker kain juga disarankan sebagai pilihan alternatif oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Tetapi, harus diingat jika menggunakan masker kain jumlah lapisannya harus minimal 3 lapis.

Baca juga: Waspada, Penerapan New Normal Berpotensi Tingkatkan Kematian Akibat Covid-19 Hingga 61%

“Masker ini dapat terbuat dari kain minimal tiga lapis yang dapat digunakan oleh masyarakat, dan apabila mulai basah bisa diganti,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito.

Meskipun penggunaan masker kain sudah dianjurkan pemerintah karena bisa menangkal hingga 70 persen partikel, ada satu kelemahan yang dimilikinya. Menurut ahli paru dari RSUP Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP, masker kain tetap bisa ditembus aerosol.

“Efektivitas filtrasinya pada partikel dengan ukuran 3 mikron bisa 10-60 persen tersaring atau dicegah. Tentu saja karena masker kain tetap ada kebocoran dan keuntungannya masker ini dapat dipakai berulang tapi perlu dicuci,” jelas dr Erlina.

Jadi, walaupun pakai masker kain, harus tetap jaga jarak dengan orang-orang yang ada di sekitar ya.

Nah, meski dapat dipakai berulang, masker kain tidak bisa dipakai secara sembarangan. Sebab, apabila tidak rutin dicuci, masker kain justru bisa membawa penyakit.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan masker kain sebaiknya tidak digunakan lebih dari empat jam.

“Gunakan masker kain. Masker kain bisa dicuci. Kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam untuk kemudian dicuci dengan cara direndam di air,” kata Yuri, sapaan akrabnya.

Berikut ini adalah cara mencuci masker kain dengan benar, seperti dikutip detikcom dari panduan pencegahan COVID-19 Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM), Rabu (27/5/2020).

-Siapkan air, bila mungkin air panas dengan suhu 60-65 derajat celsius.
-Tambahkan dertegen dan rendam masker beberapa saat.
-Kucek masker hingga kotoran luruh.
-Bilas di bawah air mengalir, hingga busa hilang.
-Keringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering panas.
-Setrika dengan suhu panas agar bakteri dan virus mati.
-Masker siap digunakan kembali. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*