Makin Tenar, Bayaran Youtuber Mbah Minto Makin Melejit

Foto: kaltim.prokal.co
Mari berbagi

JoSS, KLATEN – “Ga Usah Mudik Sing Penting Duit’e Muleh,” penggalan dialog Mbah Minto dalam parodi ‘gagal mudik’ yang viral di sosial media turut melambungkan nama nenek asal Klaten berusia 70 tahun ini.

Muhammad Sofyan alias Ucup, tetangga Mbah Minto yang mengajaknya ngevlog itu kini memberinya honor berlipat-lipat karena videonya viral. Awalnya Ucup memberikan uang senilai Rp 20.000 kepada Mbah Minto sebagai bayaran per konten yang dibuat. Siapa sangka gaya Mbah Minto yang lugu justru menarik perhatian warganet.

Ucup mengakui pengikut Instagram dan Youtube miliknya bertambah setelah mengunggah sejumlah vlog yang dibintangi Mbah Minto. Seiring ramainya video Mbah Minto garapan Ucup, dia pun memberikan uang lebih yakni Rp 200.000 – Rp 300.000 per konten.

Dalam vlog itu Mbah Minto cukup menirukan percakapan dan gaya yang diarahkan Ucup alias Muhammad Sofyan. Rupanya itu bukan kali pertama Ucup mengajak Mbah Minto membuat video blog.

Kini, nama Mbah Minto semakin terkenal berkat sejumlah vlog yang diunggah Ucup. Bahkan, Mbah Minto yang berasal dari Selorejo RT005/RW 017, Krakitan, Bayat, Klaten, mendapat THR dari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

THR dari Ganjar Pranowo untuk Mbah Minto diberikan lewat Ucup. Ucup mengatakan uang honor vlog dan THR yang diterima dia simpan sesuai mandat dari putra Mbah Minto.

Ganjar Pranowo juga memberikan bantuan sembako kepada Mbah Minto. Mbah Minto merasa sangat senang dengan bantuan itu meski tidak tahu yang memberinya adalah pejabat nomor satu di Jawa Tengah.

“Respons Mbah Minto pas dapat bantuan ya ngguya-ngguyu, terima kasih. Tapi kan simbah udah sepuh dan hidup sendiri. Dari dulu udah terbiasa dikasih bantuan tetangga terdekatnya. Jadi kalau dapat bantuan ya beliau gak tau dari siapa. Bahkan pejabat juga gak tahu. Tahunya pemerintah,” ujar Ucup seperti dikutip dari Solopos

Baca juga: Roy Kiyoshi Ditangkap Polisi Karena Kasus Narkoba

Sebelumnya, Mbah Minto dihubungi Ganjar Pranowo melalui live Instagram, Jumat (1/5/2020). Dalam siaran langsung berdurasi sekitar 16 menit itu, Ganjar menyampaikan akan memberikan THR Rp 1 juta kepada Mbah Minto. Selain itu, Ganjar juga memberikan bantuan sembako.

Sosok nenek-nenek asal Klaten bernama Mbak Minto lagi viral di media sosial. Penyebabnya, dia muncul di Youtube channel Ucup dengan video parodi berjudul Gagal Mudik.

Di dalam video, Mbah Minto berperan sebagai seorang ibu yang ditinggal anaknya merantau. Meski rindu, dia taat pada peraturan pemerintah dan melarang anaknya mudik karena takut menularkan virus corona (Covid-19).

Kocaknya, dia minta anaknya tidak pulang, namun minta transfer duit. “Ga Usah Mudik Sing Penting Duit’e Muleh,” penggalan dialog Mbah Minto yang viral.

Bahkan penggalan-penggalan video Mbah Minto yang kata-katanya berhubungan dengan kehidupan asmara anak muda beredar di media sosial.

Misalnya saat Mbah Minto main game tembak-tembakan. Di situ ia mengatakan sudah menembak namun malah yang ditembak memilih orang lain.

Juga terkait ungkapan sarkastik yang menggambarkan seseorang yang belum bisa move on dari masa lalunya. “Ati-ati yo le, nak kesandung.. kesandung masa lalu..” kata mbah Minto sambil tersenyum khas

Mbah Minto kini sudah punya akun Instagram official beralamat @simbok_minto yang dikelola Ucup Klaten. Meski baru, pengikutnya di Instagram langsung mencapai seribu lima ratusan. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*